Pintar Mendapatkan Uang (1/3)

May 02, 2014 No Comments by

Apa yang ada di pikiran Anda ketika berhadapan dengan sebuah tema yang saya ajukan di sini, yakni pintar mendapatkan uang? Mungkin tiba-tiba Anda berkeinginan untuk membuka usaha atau memanfaatkan uang yang Anda miliki untuk kepentingan bisnis, agar uang yang Anda miliki saat ini menjadi uang produktif. Lalu, bagaimana jika ternyata uang Anda tidak cukup untuk modal bisnis Anda, apa yang akan Anda lakukan? Apakah Anda akan melakukan berbagai macam cara untuk mendapatkan modal yang lebih besar, meski dengan jalan yang tidak baik?

Pertanyaan demi pertanyaan yang saya ajukan di atas merupakan sebuah realitas yang sering kali terjadi di lingkungan Anda. Jika Anda adalah manusia yang hanya berpikir bahwa uang akan menjadikan Anda lebih bahagia, maka pikiran Anda hanya diisi oleh tumpukan kertas, sementara uang tak akan pernah datang ke hadapan Anda. Yang dimaksud dengan kekayaan finansial, tentu saja bukan hanya bermakna uang, akan tetapi terletak pada kepercayaan, jaringan, kecerdasan dan personalitas Anda.

Sebanyak apa pun uang Anda, jika Anda tidak memiliki pilar-pilar yang kuat secara personalitas, tentu saja kehidupan Anda akan rapuh. Kehidupan Anda akan dilanda oleh berbagai macam kenyataan yang tidak nyaman. Semua uang yang ada di tangan Anda akan hilang, lenyap tak tentu rimbanya. Karena itulah, tentang cara cerdik berusaha, melainkan juga cara memiliki kematangan personalitas yang akan membentuk kepercayaan pada jaringan Anda.

Eko Sungkono (2010) dalam sebuah bukunya, Menjadi Kaya Tak Membutuhkan Kerja Keras mengatakan bahwa banyak orang yang berprasangka bahwa dengan bekerja keras seseorang akan menjadi orang yang kaya raya. Padahal, kebanyakan orang yang kaya di dunia ini adalah mereka yang melakukan kerja cerdas. Untuk menuju sebuah kerja yang cerdas itulah membutuhkan sebuah proses yang lebih matang. Anda tidak hanya sekedar mengolah fisik, melainkan juga mengelola otak Anda agar sesuatu yang Anda hadapi saat ini mampu menjadi media untuk mendapatkan uang.

Kecerdasan dibentuk tidak dari sebuah ruang yang kosong, melainkan harus Anda upayakan dengan belajar dari berbagai macam pengalaman yang berkaitan dengan kenyataan hidup diri sendiri dan orang lain. Anda mampu mengevaluasi segala macam kinerja orang lain dengan sebaik-baiknya sehingga Anda mampu mengetahui sejauh mana seseorang mendalami pekerjaannya secara cerdas. Orang yang bekerja cerdas, biasanya sedikit menggunakan fisik mereka, melainkan lebih memforsir kecerdasan mereka. Untuk itulah, Sungkono memberikan bekal yang kreatif bagi Anda agar Anda mampu mendapatkan uang dengan modal kecerdasan Anda.

Kebanyakan orang yang kaya di dunia ini adalah mereka yang melakukan kerja cerdas. Anda tidak hanya sekadar mengolah fisik, melainkan juga mengelola otak agar segala sesuatu yang Anda hadapi saat ini mampu menjadi media untuk mendapatkan uang.

A. Membangun jaringan yang kuat

Jaringan amatlah penting bagi pertumbuhan finansial Anda. Siapa pun yang dalam kehidupan bisnisnya tidak memperhatikan pentingnya jaringan, maka bersiap-siaplah untuk menerima kenyataan yang pahit. Berkembang atau tidaknya perusahaan yang Anda miliki terletak pada cara Anda membangun jaringan. Jika Anda telah memiliki jaringan yang banyak dan Anda mampu menjaga jaringan itu agar tetap kuat, maka tentu saja finansial Anda akan terus menggunung, bahkan terus membanjiri kehidupan Anda.

Tentu saja, setiap orang memiliki cara tersendiri dalam membangun jaringan, salah satunya adalah sikap friendship yang Anda miliki sehingga Anda bisa bergaul dengan nyaman dan profesional dengan para relasi dalam jaringan Anda. Jagalah image Anda sebaik-baiknya, jangan sampai nama baik Anda hancur dihadapan relasi Anda. Sebab ketika nama baik Anda hancur, maka dipastikan relasi Anda akan pindah ke orang lain. Coba bayangkan, bagaimana jika jaringan yang Anda bangun selama ini hancur, tentu saja usaha yang Anda bangun akan macet, dan finansial Anda pun menurun.

Laki-laki muda itu bernama Finandiko, masih berumur 30 tahun. Di usianya yang masih muda itu, ia berupaya untuk membangun sebuah bisnis yang bergerak di bidang jasa. Pada mulanya, banyak yang memanfaatkan jasanya untuk berbagai macam kepentingan. Akan tetapi, kinerja yang diperlihatkan oleh Finandiko sangat buruk. Ia tidak menjalin hubungan baik dengan para relasi yang dimilikinya, sehingga relasinya pindah pada orang lain yang memiliki etos kerja yang lebih baik. Akhirnya, usaha jasa yang dimilikinya ditutup.

Dalam konteks ini, Anda bisa mempelajari pentingnya membentuk sebuah jaringan dengan mempertahankan brand image yang lebih baik dan lebih jelas. Anda harus mampu memikirkan cara terbaik untuk mengembangkan usaha Anda agar lebih berhasil. Jika Anda memiliki kecerdasan untuk membangun jaringan, tentu saja meskipun Anda tidak memiliki modal sama sekali, Anda bisa membangun usaha dan bisa menjadi pengusaha yang sukses. Untuk itulah, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membangun jaringan Anda menjadi lebih kuat.

1. Jangan Pernah Mengecewakan Jaringan Anda
Sekali Anda mengecewakan jaringan Anda, tentu saja seterusnya mereka akan berpikir bahwa Anda adalah orang yang tidak bisa profesional. Anda adalah orang yang tidak bisa profesional. Anda adalah orang yang tidak patut untuk dijadikan sebagai relasi. Kenyataan seperti ini banyak terjadi pada para pengusaha yang di dalam kehidupannya tidak memiliki nilai kejujuran sehingga mereka hanya bisa menyesali berbagai perbuatannya yang kurang baik tersebut. Karena itulah, Anda harus berhati-hati dalam melangkah ke depan, karena jaringan Anda benar-benar mengdongkrak perusahaan yang Anda kelola saat ini. Kepuasan para jaringan Anda juga akan memberikan keuntungan terbesar dalam kehidupan Anda sehingga Anda mampu menciptakan sebuah perkembangan finansial yang setinggi-tingginya. Ketika Anda mampu memberi sesuatu yang membuat jaringan Anda puas, maka tentu saja jaringan Anda akan membantu Anda dalam membangun finansial Anda. Bahkan, bukannya tidak mungkin jaringan Anda merekomendasikan orang lain untuk ikut bergabung dengan Anda.

2. Tawarkan Ide-Ide Kreatif yang Menguntungkan Kedua Belah Pihak
Apabila Anda memiliki ide-ide kreatif yang berhubungan dengan kemajuan usaha Anda, maka hendaklah Anda juga menawarkannya kepada para relasi. Barangkali, mereka tertarik untuk bekerja sama lebih lanjut dengan Anda. Sebab kerja sama yang demikian akan menciptakan masifitas yang luar biasa sehingga meningkatkan finansial. Anda sebagai orang yang memiliki perhatian penuh terhadap perkembangan finansial Anda setidaknya mampu menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Jika sampai saat ini Anda tidak memiliki ide-ide kreatif, maka Anda bisa mencarinya. Bisa dengan membaca buku-buku atau mendatangi orang-orang yang memiliki banyak pengalaman berkaitan dengan usaha Anda. Konsultasi terhadap orang lain memang dibutuhkan untuk mengembangkan berbagai macam usaha agar lebih baik dan bermutu. Jika Anda adalah orang yang memiliki kecenderungan untuk berkembang, Anda tentu berupaya sekuat tenaga Anda.

Apabila Anda memiliki ide-ide kreatif yang berhubungan dengan kemajuan usaha Anda, maka hendaklah Anda juga menawarkannya kepada para relasi. Barangkali, mereka tertarik untuk bekerja sama lebih lanjut dengan Anda.

3. Menjaga Tali Silahturahmi
Ketika Anda tidak bisa menjaga relasi Anda, tentu saja Anda akan kehilangan uang. Peluang Anda pun menjadi tertutup. Karena itulah, jalinlah hubungan sebaik mungkin. Anda bisa memanfaatkan SMS, telepon, atau kalau sempat, berkunjung ke rumah atau kantor relasi Anda.

Disarikan dari buku: Intisari-Intisari Inspirasional Kecerdasan Finansial, Penulis: Amrin Rau’uf, Hal: 49-55.

Pengelolaan Dana

About the author

Sebutannya dipanggil Endra, saat ini Endra mengelola beberapa web di yayasan penabulu.
No Responses to “Pintar Mendapatkan Uang (1/3)”

Leave a Reply