Mengapa Pengelolaan Keuangan Penting?

Aug 28, 2013 1 Comment by

Mengatur keuangan pribadi terkadang tidak mudah, bahkan ada yang berpendapat bahwa mencari uang lebih mudah daripada mengelolanya. Kebanyakan ahli setuju bahwa mengelola keuangan pribadi sama pentingnya dengan mencari uang itu sendiri.

Mengapa?

Kebanyakan penghasilan terbatas sifatnya, namun keinginan tidak terbatas… (Setuju?). Dengan demikian, pengelolaan yang baik wajib hukumnya. Hal lain yang harus diperhatikan adalah berapa pun gaji atau pendapatan yang kita diterima, apabila kita tidak lihai dalam pengelolanya maka bisa dipastikan masalah keuangan keluarga akan selalu muncul. Terlebih saat ini, di mana budaya konsumerisme semakin tinggi. Biarpun mempunyai banyak uang, tanpa manajemen pengaturan yang baik, hampir dipastikan uang akan terbuang percuma. Oleh karna itu, kita harus mempunyai kontrol yang baik terhadap keuangan kita sendiri.

Pengelolaan keuangan dengan menuliskan setiap pemasukan dan pengeluaran dalam pos-pos keuangan akan memberikan arahan dan pedoman untuk membuat keputusan keuangan Anda. Hal ini karena setiap keputusan keuangan yang dilakukan akan memengaruhi pos-pos keuangan lainnya. Dengan memersepsikan bahwa setiap keputusan keuangan sebagai bagian dari keseluruhan, Anda dapat mempertimbangkan untuk sesegera mungkin mengatur pos-pos keuangan. Anda juga dapat lebih mudah beradaptasi terhadap kehidupan yang selalu berubah dan merasa lebih aman karena Anda masih berada di jalur keuangan yang telah direncanakan.

Jelas bahwa manajemen keuangan keluarga adalah hal yang sangat penting. Semakin dini kita mulai mengelola dan mengatur keuangan, hidup kita akan menjadi semakin baik dan layak, baik sekarang maupun di masa mendatang. Hal ini juga akan meningkatkan kinerja keuangan kita sendiri.

Pengeloaan keuangan akan memberikan keuntungan tersendiri dalam hidup Anda. Dengan adanya pengeloaan keuangan ini maka akan:

  1. Turut membantu memberikan gambaran rill keuangan Anda dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Meningkatkan efektivitas arus keuangan Anda, baik dalam perolehan maupun penggunaan.
  3. Mengendalikan keuangan dengan mencegah utang berlebih.
  4. Membuat setiap keputusan keuangan Anda lebih terarah dan tercapainya tujuan ekonomis yang telah direncanakan.
  5. Mengantisipasi adanya resiko keuangan yang tak terduga di masa mendatang.

Karena kehidupan ini kadang tak pasti, kita sangat perlu untuk menuliskan setiap pos pemasukan, pengeluaran, anggaran tiap bulan, tabungan dan utang. Apakah kita bisa memastikan bahwa kita besok masih hidup sehingga anak-anak kita tetap hidup layak dan tidak terlantar? Apakah kita selamanya akan sehat sehingga terus bisa bekerja dan berpenghasilan? Jawabannya: Tak ada yang dapat memastikannya. Tidak ada juga yang dapat memastikan bahwa ketika Anda pensiun, Anda masih memiliki pendapatan yang memungkinkan untuk hidup dengan kualitas yang sama dengan sebelum pensiun.

Hal yang bisa kita usahakan jauh dari sebelumnya adalah melakukan pengelolaan keuangan dengan baik. Salah satunya dengan mencatat penerimaan, pengeluaran, anggaran bulanan, tabungan, dan utang. Dengan melakukan hal ini, kita akan dapat melihat langsung Surplus/Defisit dengan keuangan dan Neraca keuangan itu sendiri. Dengan demikian, ketika nantinya terjadi hal-hal yang tak diinginkan dalam hal keuangan, setidaknya kita bisa mengantisipasinya jauh-jauh hari.

Anda dapat pula mulai mengelola (menulis) dan memulai menyisihkan tabungan pensiun sedini mungkin. Hal ini adalah karena kita juga tak akan tahu pasti bagaimana perubahan ekonomi di masa mendatang.

Sumber: Cara Gampang Mengelola Keuangan Pribadi dan Keluarga, Penulis: Indrasto Budisantoso & Gunanto, Hal: 1-4.

Pengelolaan Data, Sistem dan Mekanisme

About the author

lingkarLSM hadir untuk menemani pertumbuhan. Kami mengidamkan masyarakat sipil yang jujur dan punya harga diri. Kami membayangkan ribuan organisasi baru akan tumbuh dalam tahun-tahun perubahan ke depan. Inilah mimpi, tujuan dan pilihan peran kami. Paling tidak, kami sudah memberanikan diri memulai sebuah inisiatif; dan berharap langkah kecil ini akan mendorong perubahan besar.

One Response to “Mengapa Pengelolaan Keuangan Penting?”

  1. E.M Riadi says:

    Tanggapannya, ijin copas aja, gan !

Leave a Reply