Membuat Daftar Tugas bagi Setiap Metode Rencana Pemantauan

Nov 20, 2015 No Comments by

Membuat Daftar Tugas bagi Setiap Metode dalam Rencana Pemantauan

Setelah Anda menentukan sebuah metode untuk mengukur sebuah indikator tertentu, masukkan metode itu ke dalam rencana pemantauan seperti yang terlihat dalam contoh berikut dari Skenario Sabana. Bagi setiap metode Anda harus membuat daftar tugas yang perlu diselesaikan untuk mengumpulkan data. Tugas merupakan tindakan khusus yang perlu dilakukan untuk melaksanakan setiap metode. Tugas-tugas tersebut termasuk perencanaan pengumpulan data, pengumpulan data pada interval berbeda, dan kelanjutannya sebagaimana diperlukan.

Dalam penulisan daftar tugas, ada ketegangan yang biasa terjadi antara tidak cukup memperlihatkan rincian dan memperlihatkan terlalu banyak rincian. Bila para anggota tim Anda sangat biasa dengan metode tersebut, maka Anda hanya perlu mendaftarkan gabungan dari tugas-tugas. Misalnya, dalam Skenario Sabana, untuk sebuah indikator lihat pada “Jumlah hotel dan operator wisata yang membuang limbah sesuai dengan rencana pembuangan yang disepakati”, di mana Anda akan menggunakan metode observasi langsung, mungkin Anda perlu mendaftar:

Tugas 1. Menyelidiki sistem pembuangan limbah di hotel-hotel dan tempat-tempat wisata.

Namun demikian, apabila tim Anda tidak terlalu mengenal suatu metode, maka buatlah daftar tugas yang lebih spesifik. Misalnya tugas dalam contoh di atas dapat dirinci menjadi:

Tugas 1. Melatih petugas inspeksi Taman dalam pemantauan limbah.

Tugas 2. Memberitahu kepada hotel dan operator wisata tentang waktu, protokol dan sasaran inspeksi yang diusulkan.

Tugas 3. Melaksanakan inspeksi.

Tugas 4. Membuat laporan dan mendiskusikannya dengan pemilik hotel dan operator wisata.

Tugas 5. Menindaklanjuti pelanggaran-pelanggaran.

Disarikan dari buku: Ukuran Keberhasilan “Merancang, Mengelola, dan Memantau Proyek-Proyek Konservasi dan Pembangunan”, Penulis: Richard Margoluis dan Nick Salafsky, Hal: 112.

Pemantauan dan Evaluasi, Rencana Strategis

About the author

The author didnt add any Information to his profile yet
No Responses to “Membuat Daftar Tugas bagi Setiap Metode Rencana Pemantauan”

Leave a Reply