Permainan Melewati Anjungan

Sep 22, 2012 No Comments by

Media yang tersedia berupa papan setinggi dua meter. Media bisa dari papan kayu atau beberapa bangunan yang sudah permanen. Setiap kelompok yang terdiri atas 8-12 orang harus ditransfer dari bagian bawah papan (bangunan) ke bagian atas. Kelompok paling cepat bisa mentransfer semua anggota kelompok ke atas akan keluar sebagai juara. Trainer harus mengupayakan memilih sendiri, tetapi dengan jalan diundi.

Tantangan yang berat umumnya adalah mengangkat satu per satu setiap anggota dan bagian terakhir akan menjawab kerja sama tim untuk mentransfer orang terakhir.

Tujuan

Bekerja sama dalam satu tim dengan memakai strategi yang tepat sambil terus menjaga kestabilan dan kebersamaan.

Cara Permainan

Format             : Berkelompok

Waktu             : 20 – 30 menit

Tempat            : Di luar ruangan

Materi              : Papan atau anjungan dengan tinggi 2,5 meter

Peserta             : 20 – 60 orang

Seluruh peserta pelatihan di bagi menjadi 3 atau 4 kelompok. Satu kelompok terdiri atas 12-18 peserta. Setiap kelompok diajak menuju ke suatu lokasi yang telah tersedia sebuah papan seperti panggung (dari kayu) setinggi 2,5 meter. Tugas masing-masing kelompok adalah membawa semua anggotanya ke atas anjungan. Setiap peserta tidak boleh memakai alat bantu berupa tangga, tali, atau kayu penopang. Kelompok yang bisa “mentransfer” seluruh anggotanya terlebih dahulu akan keluar sebagai pemenang.

Sebelum acara dimulai, mereka diminta berunding dalam waktu 5 menit untuk menentukan strategi masing-masing kelompok yang akan dipakai. Kemudian, trainer mengundi tim yang akan melakukan aksinya terlebih dahulu, yang kedua, dan seterusnya sampai tim akhir.

Diskusi

  1. Strategi apa yang dipakai agar bisa membawa semua anggota kelompok ke atas anjungan?
  2. Siapa yang harus memimpin strategi?
  3. Jika ada peserta yang kesulitasn memanjat, langkah apa yang harus dilakukan tim?
  4. Siapa yang harus melangkah ke atas paling akhir di atara seluruh peserta dalam kelompok?
  5. Apa yang perlu dilakukan untuk peserta terakhir?

Pembahasan

Peran orang yang telah sampai sama pentingnya dengan peserta yang masih di bawah. Intinya, permainan mengajarkan semakin kompak dan cepat seluruh anggota tim, semakin cepat mereka bisa memindahkan anggotanya ke atas anjungan. Orang yang sudah sampai diatas akan berperan menarik dan yang dibawah berfungsi menopang masing-masing anggota untuk naik.

Dalam bekerjapun perlu ada rasa saling menopang dan menarik. Intinya, dukung mendukung baik dari atas maupun bawah akan menunjang sukses organisasi. Setiap staf harus punya pikiran dirinya adalah suatu tim dengan rekan kerja lainnya. Sekali waktu mereka ditolong, itu sebabnya setiap staf harus ringan tangan dalam memberi pertolongan staf lainnya.

Variasi

Permainan bisa pula dilakukan serempak di anjungan yang sama. Jika demikian, maka trainer perlu memperhitungkan pembuatan anjungan supaya lebarnya sesuai dengan jumlah kelompok.

Anjungan dapat pula diberi pembatas untuk kelompok A, B, dan C, sehingga akan berlaga di areanya masing-masing.

Anjungan bisa berupa bangunan beton permaton yang berada di lokasi pelatihan. Yang penting adalah tinggi beton lebih dari 2 meter, tetapi kurang dari 3 meter dan kuat dinaiki beberapa peserta pelatihan.

 

Sumberdaya Manusia

About the author

lingkarLSM hadir untuk menemani pertumbuhan. Kami mengidamkan masyarakat sipil yang jujur dan punya harga diri. Kami membayangkan ribuan organisasi baru akan tumbuh dalam tahun-tahun perubahan ke depan. Inilah mimpi, tujuan dan pilihan peran kami. Paling tidak, kami sudah memberanikan diri memulai sebuah inisiatif; dan berharap langkah kecil ini akan mendorong perubahan besar.
No Responses to “Permainan Melewati Anjungan”

Leave a Reply