Sardi Winata

Oct 01, 2013 No Comments by

Pria kelahiran Bayan, sebuah kampung kecil di ujung utara Pulau Lombok tepatnya di bawah kaki Gunung Rinjani ini memiliki nama lengkap Sardi Winata. Sejak tahun 2001 me-rantau Ke kota Gudeg Yogyakarta dalam rangka menempuh studi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitas Gadjah Mada. Dalam dunia kemahasiswaan pria yang sehari-hari disapa Sardi aktif mengorganisir mahasiswa untuk terlibat dalam diskusi-diskusi kemahasiswaan dengan berbagai perspektif.

Tahun 2007-2011 terjun dalam agenda kemasyarakatan (live-in) di desa kecil “Balong” di pedalaman kota Jepara Jawa Tengah, 4 tahun hidup bersama warga desa yang sebagaian besar ber-profesi sebagai buruh PTPN dan buruh ukir menempa keperibadiannya dalam dalam memahami isu-isu sosial, politik dan ekonomi dalam pemberdayaan masyarakat pedesaan.

Dalam kurun waktu 2011- 2012 pria penyuka warna hitam ini juga terlibat dalam riset-riset sosial diantaranya Field Supervisor (FS) penelitian Environment Social Impact Assesment (ESIA) dan Field Supervisor Penelitian Community involvement and development ISO 26000 – Indonesia Center For Sustainable Development (ICSD).

2012 – 2013 terlibat di Yayasan Gita Pertiwi sebagai Project Officer “Rantai Nilai Beras Sehat”. Pendampingan organisasi petani di Kabupaten Boyolali dalam rangka mengubah paradigma pertanian yang konvensional menuju pertanian berkelanjutan dan membuat organisasi petani yang profesional untuk mengembangkan rantai bisnis beras sehat. Dalam kurun waktu satu tahun menjadi Project Officer Gita Pertiwi selain melakukan pengorganisiran petani juga bebankan untuk melakukan berbagai aktifitas diantaranya menjadi Co Fasilitator program UBR Plan Kefamenanu, NTT dan Narasumber pemakalah dengan Judul “Membangun Kemandirian Masyarakat Desa Melalui Pertanian Ramah Lingkungan” dalam Simposisum Nasional IRE-PMD-ACCESS “Inovasi Kemandirian Desa, dan Pemberdayaan Perempuan”.

Sekarang Aktif di Yayasan Penabulu dan bisa dihubungi melalui akun email: sardiwinata@yahoo.co.id.

Fasilitator

About the author

lingkarLSM hadir untuk menemani pertumbuhan. Kami mengidamkan masyarakat sipil yang jujur dan punya harga diri. Kami membayangkan ribuan organisasi baru akan tumbuh dalam tahun-tahun perubahan ke depan. Inilah mimpi, tujuan dan pilihan peran kami. Paling tidak, kami sudah memberanikan diri memulai sebuah inisiatif; dan berharap langkah kecil ini akan mendorong perubahan besar.
No Responses to “Sardi Winata”

Leave a Reply