Miniworkshop Penyusunan Roadmap Pusat Layanan Juru Bahasa Isyarat (PLJ), Jakarta, 22-23 Agustus 2016

Aug 23, 2016 No Comments by

Suasana pagi dan cerah, dengan ruangan yang cukup besar, serta pemandangan sekitar yang asri di hiasi birunya kolam renang nan Indah, membuat hari senin bukanlah sesuatu beban dalam mejalankan aktifitas, justru sebaliknya semangat untuk menjalankan aktifitas serta bertemu dengan rekan-rekan PLJ memberikan warna tersendiri dan pembeda hari senin lainnya.

Hari ini merupakan kegiatan tindak lanjut dari FGD sebelumnya, yang dimana setelah menggali informasi situasi organisasi, maka dalam 2 hari ini fokus kerjanya adalah membangun sebuah konsep awal dalam penyusunan Roadmap.

Diawali dengan sesi perkenalan melalui pendekatan yang berbeda, setiap peserta serta panitia diminta untuk membuat sebuah lingkaran besar, yang dimana lingkaran tersebut dibagi menjadi 4 bagian dan ditengahnya ada lingkaran kecil untuk menggambarkan simbol diri sendiri. Setiap bagian kosong diberikan sebuah pertanyaan-pertanyaan seperti siapa tokoh yang paling mempengaruhi hidup anda, baju apa yang paling mempengaruhi hidup anda, dan lain sebagainya. Setiap pertanyaan jawabannya harus digambar.

Dalam proses menggambar, ada beberapa peserta yang memiliki kesulitan untuk menggambar, ada juga yang sulit untuk memvisualisasikan bayangan dari setiap pertanyaan yang ada. Setelah selesai, setiap peserta diminta untuk menceritakan setiap gambaran yang ada, yang menarik dalam sesi ini, meskipun sebelumnya telah saling mengenal satu dengan lainnya, ternyata dengan bercerita lebih dalam membuat kehangatan terjadi didalam ruangan.

Sesi selanjutnya review singkat informasi yang sudah diperoleh oleh tim Penabulu serta review hasil FGD sebelumnya, dilanjutkan dengan curah pendapat melalui kertas post it untuk menambahkan informasi-informasi atau mungkin mengkoreksi informasi yang ada.

Dalam akhir sesi pada hari selasa siang, proses yang telah dilakukan sampai dengan tahap penggalian kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilakukan, kapan mau dilakukan, dan siapa penanggung jawabnya. Seharusnya masih ada 2 sesi lagi yang harus diselesaikan, akan tetapi dikarenakan semua pengurus PLJ ada janji dengan stasiun televisi, maka kegiatan sesi selanjutnya diteruskan pada hari senin, 29 agustus 2016.

Kabar, Liputan

About the author

Butuh waktu yang cukup bagi saya untuk memahami,bahwa, saat organisasi berhasil menyatakan visi dan mandat yang diemban, saat itu pula visi hidup saya menjadi kenyataan. Hal ini juga yang membuat saya betah bergelut di sektor nirlaba, ranah yang bisa jadi tak lazim untuk kebanyakan orang. Sektor ini mengajarkan saya dengan sungguh, apa makna berbagi, saling memberi dan menerima. Satu putaran siklus yang boleh jadi tak pernah putus dalam hidup.
No Responses to “Miniworkshop Penyusunan Roadmap Pusat Layanan Juru Bahasa Isyarat (PLJ), Jakarta, 22-23 Agustus 2016”

Leave a Reply