Menanyakan Pendapat Pemangku Kepentingan Lokal Tentang Ancaman

Oct 05, 2015 No Comments by

Salah satu cara untuk mendapatkan informasi yang baik di lokasi lapangan anda adalah dengan melakukan sejumlah wawancara informasi kunci. Pendekatan ini sangat berguna untuk menghasilkan daftar-daftar dan memahami kepentingan berbagai macam ancaman dan kesempatan yang ada di lapangan. Satu alat lagi yang sering berguna dan relative cepat serta mudah di gunakan adalah pemeringkatan matriks (matriks ranking).

Peringkat matriks dapat di buat dengan berbagai cara, tetapi yang paling cocok untuk pemeringkatan kepentingan relatif ancaman dan kesempatan dan kesempatan dalam masyarakat luas adalah pemeringkatan prefensi. Metode ini memungkinkan Anda menggabungkan sudut pandang sejumlah pemangku kepentingan lokal dalam penilaian Anda. Hal ini sangat mirirp dengan pengutan suara tetapi dilakukan secara individual karena Anda berbicara dengan penduduk berbeda.

Pemeringkatan preferensi adalah alat yang sangat berguna untuk menetukan kepentingan relatif ancaman langsung, sebagaimana dirasakan oleh masyarakat. Dalam bab berikut, kami mengilustrasikan aplikasi alat ini dengan kembali skenario sabana untuk membuat peringkat ancaman di tanam nasional karimara

  1. Kalau anda berbicara dengan orang-orang dalam masyarakat tentang berbagai ancaman yang mereka anggap penting catatlah dalam buku catatan. Menurut penduduk, ancaman-ancaman langsung utama mencakup hal-hal berikut:
  • Pemburuan satwa besar
  • Perburuan liar oleh orang asing
  • Perburuan liar oleh masyarakat
  • Pariwisata
  • Kebakaran

Perhatikan bahwa penduduk mengindentifikasi empat ancaman yang tidak segera kelihatan setelah meninjau kembali informasi yang ada: Perburuan satwa besar, Perburuan liar oleh orang asing, Perburuan oleh masyarakat, dan pariwisata. Walaupun ancaman perburuan ada dalam Model Konseptual Anda, namun tida dibagi lagi ke dalam tiga jenis perburuan yang dikenal oleh masyarakat.

  1. Ketika seolah-olah Anda sudah mencatat semua ancaman utama yang dikenal oleh anggota masyarakat,tambahkan dalam daftar Anda hal-hal yang Anda putuskan penting setelah Anda menelaah informasi yang ada, tetapi tidak disebutkan oleh anggota masyarakat. Menurut analisa awal dan informasi yang Anda kumpulkan, hal ini termasuk tambahan sebagai berikut:
  • Pengembalan sapi di taman
  • Penyakit-penyaki dari ternak dan anjing
  1. Berikutnya, di bagian paling atas dari selembar kertas kosong atau dalam buku catatan, buatlah matriks kosong (tabel) yang memasukan: judul latihan pemeringkat preferensi, nama komonitas dan tanggal. Di sebelah kiri, buatlah daftar ancaman ke bawah (mungkin Anda ingin masukkan). Di sebelah atas, masukkan kolom-kolom dengan sebuah huruf yang mewakili masing-masing pemberi informasi (termasuk ruang untuk umur dan jenis kelamin mereka, Anda tidak perlu memasukan nama-nama mereka), sebuah kolom peringkat akhir.
  2. Hitung jumlah ancaman yang Anda miliki dalam daftar. Jumlah total ini akan menunjukan nilai tertinggi yang dimungkinkan untuk ancaman khusus yang dapat diberikan oleh tiap-tiap reponden. Nilai “1” merupakan nilai terendah yang dapat diberikan oleh responden terhadap ancaman khusus. Semakin penting seorang responden berfikir tentang ancaman khusus, semakin tinggi nilai ancamannya. Dalam contoh ini, nilai ancaman paling tinggi dapat dicapai adalah “7”, karena ada 7 ancaman.
  3. Sekarang bicaralah kepada sebanyak mungkin penduduk atau sebanyak yang Anda perlukan sebelum diperoleh suatu pola yang jelas tentang tanggapan-tanggapan yang muncul. Pastikan untuk mencatat jenis kelamin dan umur setiap responden, sehingga belakangan nanti Anda dapat melihat bila terdapat perbedaan antara laki-laki dan perempuan atau orang muda dan orang tua. Tanyakan kepada setiap responden untuk membuat peringkat ancaman yang Anda punyai dalam daftar dimulai dengan ancaman yang paling besar. Berikan pilihan atas semua ancaman dan minta mereka memilih mana yang paling menentukan. Catat nilai tertinggi yang paling mungkin untuk pilihan pertama mereka. Kemudian minta mereka memilih ancaman yang paling penting berikutnya dari sisa ancaman yang ada dan berikan yang memiliki urutan nilai tertinggi berikutnya. Teruskan cara ini sampai Anda selesaikan daftar tersebut.

Sebagai contoh, Anda mulai dengan bertanya: “Di antara Perburuan Satwa Besar, Perburuan liar oleh orang asing, Perburuan oleh masyarakat, Pariwisata, Kebakaran, Penggembalaan Ternak di Taman serta Penyakit dari ternak dan anjing, mana yang menjadi penyebab paling merusak terhadap Taman Nasional Karimara? “Bila responden pertama (Responden A) menjawab “Perburuan liar oleh orang asing”, maka ancaman ini mendapatkan nilai “7.” Kemudian Anda bertanya (tidak memasukkan “Perburuan liar oleh orang asing”): “Antara Perburuan Satwa Besar, Perburuan oleh masyarakat, Pariwisata, Kebakaran, Penggembalaan Ternak di Tamary dan Penyakit dari ternak dan anjing, mana yang paling merusak Taman Nasional Karimara?”

Bila responden A menjawab “pariwisata” , maka ancaman ini mendapt niali “6”. Setelah Anda menelusuri seluruh daftar ketujuh ancaman tersebut dengan responden A, tabel peringkat preferensi Anda.

  1. Ketika Anda telah merampungkan sebuah tabel, Anda perlu menganalisa hasilnya. Untuk mengkalkulasi “Jumlah total”, jumlahkan saja setiap baris ancaman dalam tabel. (Bila Anda mempunyai lebih dari satu lembar kertas atau tabel, jumlahkan nilai-nilai total dari semua tabel. Untuk menghitung peringkat relatif setiap ancaman (kolom terakhir), buatlah peringkat dengan nilai total tertinggi sebagai “a”, ancaman dengan nilai tertinggi berikutnya “b”, dan seterusnya. Setelah Anda menyelesaikan ketujuh daftar ancaman dengan semua responden dan menabulasikan hasilnya, tabel peringkat preferensi Anda mungkin tampak sebagai berikut: Jadi seperti Anda lihat, ancaman yang paling penting menurut para responden ini adalah Pariwisata, kemudian Perburuan Liar oleh Orang Asing, dan yang ketiga adalah Penggembalaan Ternak di Taman dan seterusnya.

Disarikan dari buku: Ukuran Keberhasilan “Merancang, Mengelola, dan Memantau Proyek-Proyek Konservasi dan Pembangunan”, Penulis: Richard Margoluis dan Nick Salafsky, Hal: 51-54.

Pengelolaan, Pengelolaan Data

About the author

The author didnt add any Information to his profile yet
No Responses to “Menanyakan Pendapat Pemangku Kepentingan Lokal Tentang Ancaman”

Leave a Reply