Membuat Jadwal Pribadi (Privat Schedule)

Apr 23, 2014 No Comments by

Buatlah jadwal pribadi yang sederhana, tetapi bermanfaat dalam kehidupan Anda. Dengan jadwal pribadi yang baik, Anda akan mengetahuin apa yang seharusnya Anda lakukan sekarang. Anda akan mengetahui pekerjaan mana yang harus didahulukan. Dahulukan melakukan pekerjaan terpenting yang akan menungjang lancarnnya usaha Anda.

Coba Anda bayangkan, seandainya Anda tidak memiliki jadwal pribadi yang baik, Anda akan kesulitan mengatur janji untuk bertemu dengan relasi-relasi Anda, sebab Anda sendiri tidak bisa mengatur waktu Anda yang Anda miliki. Sebaliknya, jika Anda bisa mengatur waktu dengan baik melalui jadwal pribadi, Anda akan merdeka dari proses waktu yang akan merdeka dari proses waktu yang akan memperlakukan Anda seperti sapi perah. Dengan sendirinya, waktu akan tunduk kepada Anda dan tak akan pernah ada janji dengan relasi Anda yang terlewatkan hanya karena Anda lupa. Semuanya akan berjalan dengan lancar karena Anda telah mencoba memperlakukan waktu Anda dengan sebaik-baiknya. Yakinlah bahwa waktu akan menciptakan pola hidup Anda menjadi lebih baik dan bermutu.

Ada beberapa manfaat yang dapat Anda raih jika Anda membuat jadwal pribadi (privat schedule). Pertama, semua pekerjaan Anda akan bisa diselesaikan dengan baik. Dengan demikian, finansial Anda pun otomatis akan berkembang. Anda bisa menghindari segala aktivitas yang justru merugikan diri sendiri. Anda sendirilah yang mengerti cara memperlakukan waktu sebaik-baiknya. Anda sendirilah yang mengerti langkah yang harus Anda ambil untuk mendapatkan manfaat terbaik dalam kehidupan Anda. Ketika finansial Anda berkembang akibat Anda telah memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, maka Anda sendiri pula yang akan merasakan kesenangan dan kebahagiaan. Namun, manfaat ini baru akan dirasakan oleh Anda ketika Anda telah menjalaninya dalam waktu lama. Anda akan mampu melakukan diri dengan baik otomatis atas segala target yang dulu Anda canangkan.

Stven Ray (1997) mengatakan bahwa manusia yang memiliki jadwal pribadi adalah  mereka yang memiliki kedisplinan untuk mencapai segala sesuatu yang diinginkan dalam kehidupannya. Kedua, tercipta keseimbangan antara waktu untuk bekerja, berkeluarga dan bermasyarakat. Jika Anda sadar bahwa sesungguhnya keteraturan dalam menjalankan kehidupan sangatlah penting, maka Anda akan melakukan berbagai macam trik dan cara yang akan membuat segala sesuatu kenyataan hidup Anda menjadi lebih nyaman. Jika Anda mengaturnya dengan baik, maka semua program kerja Anda akan terselesaikan dengan sempurna.

“Menyeimbangkan waktu untuk personal, keluarga, pekerjaan & masyarakat sangatlah penting. Jika bisa mengaturnya dengan baik, maka semua program kerja akan terselesaikan sempurna.”

Jadwal baik-baik semua aktivitas yang memungkinkan Anda menjadi orang yang sukses melakukan semua program yang Anda canangkan. Diri Anda adalah bagian dari perjalanan hidup Anda, tentu saja Anda tidak menginginkan kehidupan Anda akan selalu membua hidup Anda menjadi seimbang. Ketiga, lepas dari belenggu waktu. Belakangan ini, manusia telah berubah peran menjadi mesin. “Waktu menjadi rantai yang membuat mereka tidak berdaya,” ungkap Robert D. Spleir (2002) dalam sebuah kesempatan saat berupaya untuk memberikan penyadaran kemanusiaan. Spleir meyakini bahwa dalam perjalanannya, manusia pelan-pelan diupayakan untuk menjadi mesin kehidupan. Padahal menurutnya, kenyataan hidup itu adalah mesin bagi manusia. Pola pandang ini telah memberikan pencerahan pada kehidupan masyarakat Skotlandia.

Keempat, menjadi manusia yang merdeka. Apakah Anda sudah merasakan kemerdekaan sepanjang kehidupan Anda saat ini? Apakah Anda diperbudak oleh berbagai macam aktivitas keseharian Anda? Ketika Anda merasa tidak merdeka, berarti ada yang tidak beres dengan aktivitas keseharian Anda. Kemungkinan besar yang membuat Anda kurang suka menjalani semua aktivitas Anda, untuk itulah Anda harus mencoa untuk menyukai segala sesuatu yang Anda lakukan, sekaligus harus menikmatinya. Terkadang, hal yang membuat Anda memiliki pikiran tidak merdeka adalah keinginan Anda sendiri.

Seorang Buddhis pernah berkata, “Seandainya Anda memiliki sembilan, dan Anda menginginkan satu lagi agar menjadi sepuluh, maka yang sembilan itu tidak pernah berharga bagi Anda.” Ungkapan bijaksana itu sungguh telah memberikan pengantar bagi Anda untuk berpikir jernih dan rasional.

Bagaimanapun, Anda harus mensyukuri segala kenyataan hidup ini agar bisa merasakan kemerdekaan. Betapa banyak orang yang ada di luar sana menginginkan agar diri mereka bisa seperti Anda, akan tetapi Anda malah tidak mensyukurinya dengan cara memelihara aktivitas itu dengan sebaik-baiknya. Kecenderungan inilah yang akan membuat seseorang secara finansial, akan berkembang dengan sendirinya, karena dengan serius melakukan segala sesuatu yang telah di-rencanakan.

Disarikan dari buku: Intisari-intisari Inspirasional Kecerdasan Finansial, Penulis: Amrin Ra’uf, Hal: 18 -24.

Pengelolaan Dana

About the author

Sebutannya dipanggil Endra, saat ini Endra mengelola beberapa web di yayasan penabulu.
No Responses to “Membuat Jadwal Pribadi (Privat Schedule)”

Leave a Reply