Lokakarya Perencanaan Strategis KIPRa Papua, Jayapura, 27-28 Oktober 2014

Oct 30, 2014 No Comments by

Jayapura, bertempat di Aula Dinas Perkebunan Provinsi Papua Jalan Raya Abepura Kota Raja Jayapura, kegiatan Lokakarya Perencanaan Strategis KIPRa Papua dilaksanakan.

Peserta yang mengikuti kegiatan lokakarya dari Staf KIPRa (Badan Pengurus, Pendiri, Pengawas dan Staf Kantor), LSM, OMS, Institusi Pemerintah, antara lain:

  1. Fientje Jarangga
  2. Tahi Butar-butar
  3. Kuncoro Samiyana
  4. Ir. Jhon Mangontan
  5. Anike Fonataba
  6. Markus Kajoi
  7. Theresia R. Purba
  8. Maria Yarangga
  9. Steve Lewerisa
  10. Eduard Agaki
  11. Stafanus Yulianto
  12. Kristin Mansawan
  13. Trimutis Saily
  14. Hutri Yewi
  15. Agus Joshua Hernawan
  16. Derek Bano
  17. Uria Bukorpioper
  18. Kelis Muay
  19. Sherli
  20. Siprianus Guntur
  21. Qorinilwan Ishaq
  22. Sunarso
  23. David Bawias
  24. A. Thamrin
  25. Agus Riyanto
  26. Eduard Priandoko
  27. Beatrix Pattiata
  28. Fredrik H.A. Wanda
  29. Rudi Mebri

Kegiatan diawali dengan perkenalan antara Fasilitator dan peserta. Setelah itu peserta dibagikan kertas meta plan untuk berpikir strategis dan menggambarkan keberhasilan Lembaga selama 15 tahun berjalan, dan masing-masing peserta harus bisa menjelaskan hasil dari apa yang digambarkan.

Dari hasil yang telah digambarkan dari masing-masing peserta, ada beberapa hal yang telah dicapai, namun dari gambar tersebut juga muncul ide dari tiap peserta bagi lembaga untuk menunjang Program ke depan.

KIPRa3

Masing-masing peserta di bagi dalam dua kelompok, kelompok satu terdiri dari badan pengurus, pendiri dan pengawas serta mitra kerja dengan merancang visi KIPRa untuk program 2015-2019. Sedangkan kelompok dua, terdiri dari staf kantor yang membahas tentang nilai-nilai apa saja yang menjadi prioritas pada program ke depan.

Setelah istirahat siang, peserta memformulasikan hasil diskusi mereka menyangkut Visi dan Nilai-nilai dalam lembaga serta pemetaan permasalahan di masyarakat.

Hari ke 2

Masih dari tempat yang sama aula Dinas Perkebunan Provinsi Papua, kegiatan kembali dilaksanakan. Peserta di bagikan dalam beberapa kelompok dan berdiskusi mengenai pernyataan misi, menyusun struktur organisasi lembaga, strategi pelibatan stakeholder serta tugas dan tanggung jawab dari masing divisi dalam lembaga, antara lain:

  1. Divisi Penguatan Kapasitas dan Pengembangan Masyarakat
  2. Divisi Konsultansi dan Komunikasi
  3. Divisi Advokasi Kebijakan Publik
  4. Divisi Litbang
  5. Divisi Pendukung (unit administrasi, personalia, keuangan, data dan informasi)

Dari hasil diskusi tersebut maka tersusunlah misi KIPRa dan struktur organisasi lembaga, serta tugas dan tanggung jawab masing-masing divisi dalam melaksanakan keberlanjutan program 2015-2014.

KIPRa2

Kegiatan berakhir pukul 19:00 WIT dan sebelum meninggal tempat kegiatan, fasilitator dan seluruh peserta melakukan sesi foto bersama.

KIPRa1

Liputan

About the author

lingkarLSM hadir untuk menemani pertumbuhan. Kami mengidamkan masyarakat sipil yang jujur dan punya harga diri. Kami membayangkan ribuan organisasi baru akan tumbuh dalam tahun-tahun perubahan ke depan. Inilah mimpi, tujuan dan pilihan peran kami. Paling tidak, kami sudah memberanikan diri memulai sebuah inisiatif; dan berharap langkah kecil ini akan mendorong perubahan besar.
No Responses to “Lokakarya Perencanaan Strategis KIPRa Papua, Jayapura, 27-28 Oktober 2014”

Leave a Reply