Pelatihan Fraud SurveyMeter, Yogyakarta, 20-21 April 2015

Apr 28, 2015 No Comments by

Acara yang berlangsung selama dua hari, mendapatkan sambutan yang baik dari partisipan. 23 partisipan saling memperkenalkan diri secara lengkap dengan posisi masing-masing dalam kelembagaan SurveyMeter. Dari perkenalan itu, diketahui pengalaman tiap partisipan dalam organisasi nirlaba. Partisipan pelatihan yaitu:

  1. Tri Handayani
  2. Shierly Iskandar
  3. Nita Tresna
  4. Ummu
  5. Utiek
  6. Ragil
  7. Ismi Rahayu
  8. Syarifah Vebrina
  9. Bening Kisworini
  10. Kawandiyono Santoso
  11. Penta
  12. Ari Sulistyawati
  13. Raisita Endah Dwi
  14. Fita Herawati
  15. Bambang Isdwiyati
  16. Triono Agus Santoso
  17. Firman
  18. Lazimah
  19. Titis Putri
  20. Edy Purwanto
  21. Tomo
  22. Irma Wulandari
  23. Santi Wulandari

Selama pelatihan, Eko Komara memfasilitasi dengan metode ceramah dan diskusi. Proses pelatihan berjalan dinamis karena tanya jawab pun berlangsung saat fasilitator menyampaikan materi. Fraud merupakan suatu penipuan atau bentuk kelicikan manusia yang disengaja untuk keuntungan pribadi/kelompok dan merugikan pihak lain, atau segala sesuatu yang berkaitan dengan ketidakjujuran atau kecurangan. Berdasar pengertian fraud tersebut, fasilitator mengali lebih dalam kepada peserta berkaitan kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi, terutama dalam aktivitas organisasi nirlaba.

Berawal dari hal itulah identifikasi masalah dari yang sederhana hingga paling kompleks muncul. Fraud dapat terjadi dimanapun, sehingga perlu ditanggulangi dengan memahami tentang potensi-potensi terjadinya fraud. Senyatanya fraud dapat diminimalisir dengan pengendalian internal secara baik. Mulai dari tingkat paling atas hingga paling bawah yang bersentuhan langsung dengan objek kajian. Pembahasan yang berkaitan dengan laporan keuangan proyek tak luput dari paparan fasilitator.

Mengakhiri proses pelatihan, partisipan mendapat gambaran bagaimana mengelola suatu lembaga dengan baik supaya terhindar dari fraud. Karena kini akuntabilitas organisasi nirlaba ditentukan oleh hasil audit program secara berkala. Beberapa permasalahan yang dialami SurveyMeter pun dapat secara gamblang ditemukan penyelesaiannya.

Kabar, Liputan

About the author

The author didnt add any Information to his profile yet
No Responses to “Pelatihan Fraud SurveyMeter, Yogyakarta, 20-21 April 2015”

Leave a Reply