Workshop Strategi Pengelolaan Sumber Daya Manusia LBH Makassar, Makassar, 21-23 Oktober 2015

Oct 24, 2015 No Comments by

Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, pun bagi organisasi nirlaba. SDM juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan organisasi. Pada hakikatnya, SDM berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak untuk mencapai tujuan organisasi itu.

Sebagai sebuah organisasi yang berbasis kader, LBH Makassar memiliki mekanisme unik dalam proses pengelolaan sumber daya manusia yang dimiliki organisasi. Di sisi lain, Bantuan Hukum Struktural-BHS, merupakan nilai utama yang menjadi landasan gerak LBH Makassar, termasuk dalam pengelolaan sumber daya manusia.

Workshop Strategi Pengelolaan Sumber Daya Manusia LBH Makassar, dilaksanakan pada tanggal 21-23 Oktober 2015, di sekretariat LBH Makassar, dengan difasilitasi oleh Budi Susilo dan Tino Yosepyn. Dan diikuti oleh segenap jajaran manajerial LBH Makassar, Abdul Azis (Direktur), Zulkufly Hasanuddin (Wakil Direktur Operasional), Haswandy Andy Mas (Wakil Direktur Internal), Ratna Kahali (Sekretaris Program), Haris (Administrasi), serta jajaran koordinator bidang penanganan perkara.

Cuaca Makassar yang cukup panas, tidak membuat surut para peserta dalam memetakan kompetensi pengelolaan sumber daya manusia yang dimiliki oleh organisasi. Candaan-candaan khas seorang Budi Susilo sesekali mendinginkan suasana diskusi yang turut terpengaruh cuaca yang panas. Meski sedikit pelan, namun mulai dapat dirumuskan peta kompetensi yang dimilliki organisasi.

Di hari terakhir, mas Budi mengajak peserta untuk mencermati perangkat penilaian kinerja individu bagi LBH Makassar. Dan mulai untuk memikirkan bagaimana strategi yang tepat untuk memastikan fungsi kunci dari Manajemen Sumber Daya Manusia.

DSCN7758

Pesan Confusius ini boleh jadi menggambarkan situasi LBH Makassar yang bekerja dengan sepenuh hati bagi masyarakat marginal “ Choose a job ypu love, and you will never have to work a day in ypur life”. (TY)

Kabar, Liputan

About the author

Butuh waktu yang cukup bagi saya untuk memahami,bahwa, saat organisasi berhasil menyatakan visi dan mandat yang diemban, saat itu pula visi hidup saya menjadi kenyataan. Hal ini juga yang membuat saya betah bergelut di sektor nirlaba, ranah yang bisa jadi tak lazim untuk kebanyakan orang. Sektor ini mengajarkan saya dengan sungguh, apa makna berbagi, saling memberi dan menerima. Satu putaran siklus yang boleh jadi tak pernah putus dalam hidup.
No Responses to “Workshop Strategi Pengelolaan Sumber Daya Manusia LBH Makassar, Makassar, 21-23 Oktober 2015”

Leave a Reply