Waktu adalah Uang

Apr 21, 2014 No Comments by

Barang siapa yang menyia-nyiakan waktu dalam kehidupannya, berarti ia sedang menyia-nyiakan uang. Sebab, membuang waktu seperti membuang kesempatan Anda untuk mendapatkan uang. Jika hari ini adalah waktu untuk bekerja dan dari bekerja itu biasanya Anda menghasilkan uang sebesar Rp. 2.000.000,00, sementara Anda justru bersantai-santai membuang waktu dengan percuma, maka sama saja Anda sedang membuang uang dua juta. Karena itulah, poa pikir Anda dalam menghargai waktu akan berakibat pada kondisi finansial Anda.

Coba anda bayangkan, betapa berharganya waktu bagi kehidupan Anda? Betapa berharganya waktu untuk perkembangan finansial Anda. Anda memiliki kemungkinan untuk menjadi orang yang kaya raya jika Anda mencoba untuk mengatur waktu dengan cara yang sangat efisien. Satu jam bagi Anda bisa jadi sama dengan satu bulan bagi orang lain. Ketika Anda menyia-nyiakan satu jam, sama saja Anda tengah menyia-nyiakan waktu satu bulan bagi orang lain. Oleh karena itu, aturlah diri Anda sedemikian rupa sehingga benar-benar bisa memanfaatkan waktu dengan baik.

Kualitas waktu yang Anda miliki akan mengangkat Anda pada kondisi finansial yang lebih baik. Bila Anda menghargai waktu, maka waktu juga akan menghargai Anda. Karena itulah, pepatah Inggris menyebutkan “Time is money”, yang artinya waktu adalah uang. Pepeatah tersebut memiliki makna yang luar biasa, yang akan mengubah hidup Anda menjadi lebih baik. Harga waktu yang Anda jalani saat ini sama dengan harga uang yang akan Anda dapatkan dalam kehidupan Anda.

Apakah Anda pernah mengukur bahwa sesungguhnya waktu Anda memiliki kapasitas yang besar dan harga yang tinggi? Apakah Anda pernah merenungkan bahwa sesungguhnya waktu yang Anda jalani adalah semata-mata untuk menyelamatkan Anda dari berbagai macam keterpurukan dalam hidup Anda? Kesuksesan financial Anda terletak pada sejauh mana Anda mencoba untuk disiplin terhadap waktu Anda. Jangan sia-siakan waktu yang pernah diberikan kepada Anda atau Akan akan tergilas olehnya.

Mulai sekarang, bangun kesadaran dalam diri Anda bahwa mengahrgai waktu itu sangatlah penting. Kesadaran ini penting karena ia akan menyelamatkan Anda dalam setiap langkah dan strategi yang Anda lakukan selanjutnya. Ketika Anda telah mampu memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin, pada akhirnya Anda akan mampu mengendalikan waktu dengan sebaik-baiknya.

“Waktu adalah pedang. Jika Anda tidak memanfaatkannya (menghunusnya), maka Anda akan dimanfaatkan (dihunus olehnya)”.

Sementara itu, pepatah Arab menyebutkan “Alawaqtu kalsaifu in lam taqtha’hu qatha’aka”, yang artinya waktu itu adalah pedang. Jika Anda tidak memanfaatkannya (menghunusnya), maka Anda akan dimanfaatkan (dihunus olehnya). Orang yang dikendalikan oleh waktu sangatlah tersiksa. Ia akan sangat terforsir dan seolah-olah tersiksa oleh waktu yang tidak dapat dikendalikan. Waktu telah memanfaatkannya dalam kurun waktu yang panjang dan pada akhirnya ia akan mati di tangan waktu, tanpa sempat memberikan arti dalam kehidupannya.

Jika Anda tidak ingin menjadi orang yang selalu dimanfaatkan oleh kelopak waktu,  maka Anda harus memanfaatkan waktu itu dengan sebaik-baiknya demi kepentingan finansial Anda. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur waktu Anda agar selalu bermanfaat bagi perkembangan finansial Anda, yakni membuat jadwal pribadi, mengefisienkan waktu dan memperbaiki kualitas waktu.

Disarikan dari buku: Intisari-intisari Inspirasional Kecerdasan Finansial, Penulis: Amrin Ra’uf, Hal: 15-18.

Pengelolaan Dana

About the author

Sebutannya dipanggil Endra, saat ini Endra mengelola beberapa web di yayasan penabulu.
No Responses to “Waktu adalah Uang”

Leave a Reply