Tiga Tahapan Outcome Mapping

Jan 14, 2014 No Comments by

Outcome mapping dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama adalah Rancangan Terarah (intentional design) yang membantuu program membangun kesepakatan bersama tentang perubahan tingkat makro yang ingin diwujudkan serta merencanakan strategi yang akan digunakan. Tahap ini membantu menjawab empat pertanyaan: Mengapa? (Apa Visi program?), Siapa? (Siapa Mitra Langsung program?), Apa? (Apa saja perubahan yang dicari?), dan Bagaimana? (Bagaimana program akan berkontribusi pada proses perubahan itu?).

Tahap kedua adalah Monitoring Capaian dan Kinerja Program. Bagian ini memberikan kerangka untuk memantau kegiatan yang sedang berlangsung dan bagaimana “kemajuan” Mitra Langsung terhadap pencapaian hasil. Proses ini sebagian besar didasari penilaian diri secara sistematis. Tahap ini meliputi penyediaan alat-alat/perangkat pengumpulan data untuk berbagai elemen yang diindetifikasi dalan tahap rancangan terarah: Jurnal Capaian (Penanda Kemajuan), jurnal Strategi (Peta Strategi), dan Jurnal Kinerja (Perilaku Berorganisasi).

Tahap ketiga adalah Perencanaan Evaluasi. Tahap ini membantu program untuk mengidentifikasi prioritas evaluasi dan mengembangkan rencana evaluasi.

Tiga Tahapan Outcome Mapping

Proses identifikasi perubahan tingkat makro serta proses merancang kerangka pemantauan tingkat makro serta proses merancang kerangka pemantauan dan evaluasi diharapkan dilakukan secara partisipatif. Selain itu juga diusahakan agar sejauh mungkin melibatkan berbagai stakeholder, termasuk Mitra-Mitra Langsung. Outcome Mapping didasari prinsip-prinsip partisipatif dan secara sengaja melibatkan Mitra-Mitra Langsung yang akan melaksanakan program dalam perancangan dan pengumpulan data. Hal ini akan meningkatkan rasa memiliki dan mendorong digunakannya temuan-temuan dalam program untuk perbaikan dan peningkatan hasil program. Proses ini juga dimaksudkan untuk membangkitkan kesadaran, membangun konsensus, dan sebagai sarana pemberdayaan bagi mereka yang bekerja langsung dalam program pembangunan.

Selengkapnya dapat dilihat dan didownload di Unduh kategori Panduan.

Metode Pemetikan, Pemantauan dan Evaluasi, Pengukuran Dampak

About the author

lingkarLSM hadir untuk menemani pertumbuhan. Kami mengidamkan masyarakat sipil yang jujur dan punya harga diri. Kami membayangkan ribuan organisasi baru akan tumbuh dalam tahun-tahun perubahan ke depan. Inilah mimpi, tujuan dan pilihan peran kami. Paling tidak, kami sudah memberanikan diri memulai sebuah inisiatif; dan berharap langkah kecil ini akan mendorong perubahan besar.

No Responses to “Tiga Tahapan Outcome Mapping”

Leave a Reply