Pentingnya Visi dan Strategi dalam Perubahan

May 09, 2012 No Comments by

Di dalam perubahan skala besar yang berhasil, tim pemandu yang berfungsi dengan baik menjawab semua pertanyaan yang dibutuhkan untuk menghasilkan arah perubahan. Perubahan apa yang kita butuhkan? Apa visi kita untuk organisasi yang baru? Apa yang tidak perlu dirubah? Apa cara terbaik untuk merealisasikan visi? Apa strategi perubahan yang tidak bisa kita terima karena berbahaya? Jawaban-jawaban bagus untuk pertanyaan-pertanyaan ini memposisikan organisasi untuk bisa melompat ke masa depan yang lebih baik.

Seringkali, tim pemandu tidak memiliki arah jelas atau membuat visi yang tidak jelas. Konsekuensinya bisa sangat merusak organisasi dan menyakitkan para karyawan.

Satu alasan mengapa orang-orang pandai tidak membuat arah perubahan atau membuat arah perubahan yang buruk adalah karena mereka sudah dididik bahwa “memetakan masa depan” berarti perencanaan dan penganggaran (planning and budgeting). Sebenarnya saat mengusahakan perubahan skala besar, perencanaan yang terbaik sekalipun tidaklah cukup. Yang dibutuhkan adalah sesuatu yang sangat berbeda.

Di dalam kasus-kasus perubahan skala besar yang berhasil, Anda akan menemukan empat elemen yang membantu mengarahkan aksi: anggaran, rencana, strategi, dan visi. Keempat elemen ini berbeda tapi sangat berhubungan, dan setiap elemen membutuhkan proses pengembangan yang berbeda.

Anggaran adalah sisi finansial dari sebuah rencana. Rencana memberi spesifikasi dari setiap langkah dalam mengimplementasikan strategi. Strategi menunjukkan bagaimana mewujudkan visi. Visi menunjukkan keadaan akhir ke arah semua rencana dan strategi akan membawa Anda atau organisasi Anda. Visi biasanya hanya memerlukan satu halaman dan bisa dideskripsikan dalam waktu singkat. Strategi mungkin membutuhkan sepuluh halaman dan membutuhkan diskusi. Satu buku catatan dan pengujian di dalam serangkaian pertemuan diperlukan dalam perencanaan. Anggaran bisa membutuhkan buku catatan lebih besar lagi dan menuntut lebih banyak pertemuan.

Disarikan dari buku: The Heart of Change, Penulis: John P. Kotter & Dan S.Cohen.

Posisi, Peran, dan Misi, Rencana Strategis, Sasaran dan Pendekatan, Tatacara Pembentukan, Tujuan dan Visi

About the author

lingkarLSM hadir untuk menemani pertumbuhan. Kami mengidamkan masyarakat sipil yang jujur dan punya harga diri. Kami membayangkan ribuan organisasi baru akan tumbuh dalam tahun-tahun perubahan ke depan. Inilah mimpi, tujuan dan pilihan peran kami. Paling tidak, kami sudah memberanikan diri memulai sebuah inisiatif; dan berharap langkah kecil ini akan mendorong perubahan besar.
No Responses to “Pentingnya Visi dan Strategi dalam Perubahan”

Leave a Reply