Penguatan Kapasitas Manajemen Kelembagaan KIPAS, Makassar, 8-10 Agustus 2014

Aug 08, 2014 No Comments by

Komunitas Perempuan Serumpun Makassar adalah yang disebut KIPAS adalah organisasi massa yang beranggotakan perempuan lesbian, biseksual dan transgender (LBT) yang memperjuangkan hak-hak perempuan LBT agar bisa berada ditengah-tengah masyarakat sosial dengan mendapat perlakuan yang adil di mata hukum dan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. KIPAS dideklarasikan pada tanggal, 12 Oktober 2008 di Makassar.

Pada tahun 2013, Penabulu didukung oleh Hivos dalam pelaksanaan program Penguatan Kelembagaan LGBT Mitra Hivos telah melakukan pendampingan kepada KIPAS dalam menyusun dokumen Renstra berdasarkan rencana kerja yang sudah disusun untuk periode 2011-2015.

Dalam rangka menindaklanjuti Renstra yang sudah disusun tersebut, KIPAS mempunyai kebutuhan untuk melakukan aktifitas monitoring dan evaluasi terhadap kerja-kerja yang sudah dijalankan. Pada tanggal 8-10 Agustus, bersama dengan Penabulu dengan masih mengunakan dukungan dari Hivos, KIPAS melaksanakan aktifitas Monitoring dan Evaluasi untuk kerangka kerja periode 2011-2015.

Hasil yang diharapkan dalam aktifitas pendampingan ini adalah KIPAS akan mampu melakukan Monitoring dan Evaluasi atas aktifitas program yang sudah dilaksanakan.

Aktifitas Monitoring dan Evaluasi dilakukan selama 3 hari dengan difasilitasi oleh mentor dari Penabulu yaitu Budi Susilo di Sekretariat KIPAS dan diikuti oleh 11 Pengurus dan Pelaksana Program KIPAS antara lain:

  1. Ola (Ketua)
  2. Imel (Koordinator Divisi)
  3. Anhi (Keuangan)
  4. Diana (Kasir)
  5. Satriani (Divisi Advokasi)
  6. Rhara (Div. Pengembangan Anggota & Pendidikan)
  7. Yoyo (Divisi Dana dan Usaha)
  8. Anjas (Div. Dokumentasi & Pengarsipan)
  9. Muliana (Perwakilan Komunitas Kel. Daya dan Kapasa)
  10. Ratna (wakil Div. Kerumah tanggaan)
  11. Andra (Perwakilan Komunitas Kel. Kaluku Bodoa, Bira dan Parangloe)

Pada hari pertama ini, dimulai pukul 19.00 WITA yaitu dengan perkenalan, dilanjutkan dengan penggalian tentang KIPAS dan aktifitasnya. Kemudian dilanjutkan pada penjelasan tentang: Pengertian Monitoring dan Evaluasi, Tujuan Monitoring dan Evaluasi, Penjelasan cara melakukan monev berdasarkan Kerangka Kerja KIPAS 2011-2015, dan Penggalian kebutuhan apa saja yang ingin dipenuhi dalam pelaksanaan aktifitas dua hari kedepan

Hari Kedua, aktifitas dilakukan mulai pukul 14.30 WITA yaitu dengan: Menyusun format laporan Monitoring dan Evaluasi yang akan digunakan. Memahami cara mengisi format Monitoring dan Evaluasi berdasarkan Kerangka Kerja 2011-2015. Membagi kelompok berdasarkan tanggungjawab kegiatan untuk melakukan pengisian format laporan Monitoring dan Evaluasi

Hari Ketiga, melanjutkan menyusun laporan format Monitoring dan Evaluasi sampai dengan selesai. Melakukan review atas indikator – indikator yang telah disusun sebelumnya sehingga lebih obyektif dalam pencapaian goal dan dilakukan per individu berdasarkan jabatan dalam kepengurusan periode 2011-2015.

Liputan

About the author

lingkarLSM hadir untuk menemani pertumbuhan. Kami mengidamkan masyarakat sipil yang jujur dan punya harga diri. Kami membayangkan ribuan organisasi baru akan tumbuh dalam tahun-tahun perubahan ke depan. Inilah mimpi, tujuan dan pilihan peran kami. Paling tidak, kami sudah memberanikan diri memulai sebuah inisiatif; dan berharap langkah kecil ini akan mendorong perubahan besar.
No Responses to “Penguatan Kapasitas Manajemen Kelembagaan KIPAS, Makassar, 8-10 Agustus 2014”

Leave a Reply