Merancang sebuah Strategi Pemantauan bagi Setiap Kebutuhan Informasi

Nov 11, 2015 No Comments by

Merancang sebuah Strategi Pemantauan bagi Setiap Kebutuhan Informasi

Setelah Anda menentukan apa yang Anda ingin ketahui, langkah selanjutnya adalah merancang suatu strategi pemantauan untuk mendapatkan data yang diperlukan, untuk memenuhi setiap kebutuhan informasi. Strategi pemantauan ini harus menjelaskan perbandingan spesifik yang akan Anda buat dengan upaya pemantauan Anda. Misalnya, dalam skenario sabana, salah satu sasaran adalah:

Sasaran 1. Kebutuhan uang tunai. Untuk memberikan 20 persen dari penerimaan kotor dari karcis masuk Taman kepada tujuh komunitas di sekitar Taman Nasional Karimara pada akhir tahun ketiga proyek (pembayaran kepada komite konservasi dan pembangunan masyarakat yang diberikan dalam basis per kapita).

Dalam kasus ini, tim ingin mengetahui apakah sasaran ini sudah tercapai, jadi mereka memutuskan suatu strategi pemantauan:

Strategi Pemantauan. Ukur perubahan yang terjadi dalam aliran dana penerimaan Taman ke tujuh komunitas penerima manfaat.

Dalam contoh ini, strategi pemantauan melibatkan pembandingan antar kelompok komunitas penerima manfaat sejalan dengan perjalanan waktu. Satu lagi sasaran dalam Skenario Sabana adalah:

Sasaran 4. Mengurangi Perburuan Liar. Mengurangi sebanyak 90 persen kejadian perburuan liar di dalam Taman dan area Suaka Margasatwa pada akhir proyek.

Sekali lagi di sini tim ingin memahami apakah sasaran dapat dipenuhi. Karena ada beberapa jenis perburuan yang berbeda yang terjadi di taman, tim perlu mengembangkan strategi pemantauan untuk sasaran ini:

Strategi Pemantauan 1. Bandingkan jumlah gajah dan badak yang terbunuh sebelum dan setelah ada intervensi proyek.

Strategi Pemantauan 2. Ukur perubahan jumlah perjumpaan dengan pemburu di dalam Taman dari waktu ke waktu.

Strategi Pemantauan 3. Bandingkan tingkat perburuan liar oleh operator-operator perburuan trofi di Taman Nasional Karimara dengan yang terjadi di sebuah Taman yang bersebelahan.

Setiap strategi pemantauan ini melibatkan pembuatan perbandingan yang berbeda.

Disarikan dari buku: Ukuran Keberhasilan “Merancang, Mengelola, dan Memantau Proyek-Proyek Konservasi dan Pembangunan”, Penulis: Richard Margoluis dan Nick Salafsky, Hal: 97-98.

Informasi dan Laporan, Pemantauan dan Evaluasi, Pengelolaan Proyek, Rencana Strategis

About the author

The author didnt add any Information to his profile yet
No Responses to “Merancang sebuah Strategi Pemantauan bagi Setiap Kebutuhan Informasi”

Leave a Reply