Menjaga Kualitas Waktu

Apr 28, 2014 No Comments by

Apakah Anda pernah memikirkan bahwa waktu Anda bukan sekadar bermanfaat, tetapi juga berkualitas. Satu jam bagi seorang tukang becak berbeda dengan satu jam bagi para pengusaha. Polarisasi penggunaan waktu dan cara menggunakan waktu yang sebaik-baiknya itu akan berdampak luar biasa bagi kehidupan keduanya. Jika waktu yang dimiliki tukang becak hanya dimanfaatkan untuk mengayuh becak dan menghasilkan uang Rp. 5.000,00, maka waktu satu jam bagi pengusaha bisa saja menghasilkan uang miliaran rupiah ketika digunakan untuk melakukan perjanjian-perjanjian dengan rekan bisnis.

Jika kedua orang itu meninggalkan waktu satu jam dengan sia-sia, maka si tukang becak kehilangan uang lima ribu rupiah, sedangkan sang pengusaha akan kehilangan uang miliaran rupiah. Kesempatan yang meliputi kuliatas waktu akan berpengaruh pada kualitas kehidupan. Anda sendiri seharusnya mampu menciptakan sebuah ruang kerja dan cara pandang kerja yang lebih nyaman sehingga waktu Anda menjadi lebih berkualitas.

“Orang awam biasanya memikirkan cara menghabiskan waktu, sedangkan orang berbakat serusaha untuk menggunakannya,” ungkap Arthur Schopohower. Dalam konteks ini, Anda dituntut untuk menjadi orang yang berbakat agar segala kehidupan Anda menjadi berkualitas sehingga apa pun yang Anda inginkan dalam kehidupan ini bisa terwujud.

Waktu Anda akan menjadi waktu yang benar-benar menghargai waktu Anda dengan sebaik-baiknya, ketika Anda benar-benar mengerti apa yang sesungguhnya menjadi lebih baik ke depan.

Untuk itulah, ada beberapa hal yang penting untuk Anda perhatikan dalam menciptakan kualitas waktu Anda agar lebih ke depan. Pertama, selalu bersemangat dalam menggarap pekerjaan Anda. Semangat merupakan salah bekal yang harus dimiliki oleh setiap orang yang menginginkan finansial mereka bisa berkembang. Mereka yang dalam hidupnya tidak memiliki semangat tak akan pernah merasakan bahagia. Bangunlah gunung semangat Anda lebih tinggi lagi agar apa pun yang Anda garap saat ini mampu membekas pada tahun-tahun yang akan datang. Anda tentu saja akan menjadi lebih baik ke depan.

Rata-rata orang yang sukses di dunia ini memiliki semangat yang luar biasa dalam diri mereka. Dengan semangat yang meledak, merak mampu menciptakan suasana yang lebih segar. Semangat yang tinggi juga akan memberikan motivasi kepada orang lain, sehingga orang lain tersebut mampu melakukan hal yang sama dengan yang Anda lakukan. Segala sesuatu yang bergolak dalam jiwa Anda akan mampu menciptakan suasana kehidupan yang lebih baik. Orang besar adalah mereka yang mampu bersemangat dan mampu menyemangati diri sendiri dan orang lain.

Disini, pola semangat Anda diuji. Mencintai segala sesuatu yang Anda garap itulah yang akan mengantarkan Anda pada sebuah kondisi yang lebih segar. Anda sendiri setidaknya harus mampu menjadi diri sendiri yang lebih giat dibandingkan oleh orang lain. Jadilah orang yang memiliki etos kerja yang tinggi.

“Semangat yang tinggi juga akan memberikan motivasi kepada orang lain, sehingga orang lain tersebut mampu melakukan hal yang sama dengan yang Anda lakukan. Orang besar adalah mereka yang mampu menyemangati diri sendiri dan ornag lain.”

Kedua, memilah waktu yang tepat dan produktif bagi Anda. Dalam kisaran waktu 24 jam, tidak semaunya bisa menjadi waktu yang produktif bagi Anda. Akan tetapi, Anda bisa memilih-milih waktu yang menurut Anda merupakan waktu yang produktif. Tentu saja Anda sendiri yang lebih tahu dan lebih mengerti, kapan waktu yang produktif itu. Semuanya bergantung pada cara pandang Anda sendiri terhadap kenyataan pekerjaan Anda.

Setiap corak yang dimiliki oleh Anda mampu mendongkrak waktu Anda sehingga produktivitas kerja Anda mampu membuat finansial Anda bisa lebih berkembang. Anda sendiri memiliki cara yang paling tepat untuk menciptakan pola kehidupan yang lebih segar. Anda adalah produsen bagi waktu Anda, bukan kemudian Anda menjadi konsumsi waktu yang nantinya dengan sendirinya waktu bisa melibas Anda. Dan, Anda sendiri tentunya mengetahui cara yang bisa membuat Anda mampu bertahan hidup dalam berbagai kondisi finansial. Tantangan Anda adalah bagaimana mengembangkannya dalam kondisi yang terbatas itu.

Waktu yang Anda pilih tentunya akan semakin tepat apabila Anda mengaturnya sendiri sesuai dengan kapasitas yang Anda miliki. Sebab, semua orang memiliki cara tersendiri untuk menciptakan sebuah ruang kehidupan yang lebih segar didalam kehidupannya. Oleh karena itu, Anda harus yakin bahwa waktu yang Anda pilih itu betul-betul akan mengantarkan Anda pada sebuah kondisi yang lebih baik.

Ketiga, menghindari perasaan “tidak bisa” ketika ingin melakukannya. Dalam melakukan sebuah aktivitas, katakan “Saya bisa”. Niscaya apa yang ingin Anda lakukan akan semakin mudah dan gampang bagi. Serumit apapun pekerjaan yang membentang di hadapan Anda, ketika Anda meyakinkan pada diri Anda bahwa Anda bisa melakukannya, maka semuanya akan bisa terselesaikan dengan baik. Kondisi finansial Anda bergantung pada cara Anda menghadapi diri Anda, bukan pada bagaimana Anda melakukan pekerjaan Anda.

Cobalah Anda melihat orang yang sukses secara finansial dalam kehidupan ini. Rata-rata mereka memiliki optimisme yang sangat tinggi, di mana optimisme itu dipupuk sedemikian rupa untuk menciptakan daya kehidupan yang lebih bersemangat. Tentu saja Anda memiliki cara yang paling baik, sehingga kehidupan yang membentang ke depan lebih berpotensi membahagiakan diri Anda. Steven Brain (1999) mengatakan bahwa semangat yang dipacu dari dalam diri Anda akan membuat Anda terus mampu melakukan sesuatu yang pada hakikatnya Anda tidak mampu.

Kenyataan itu pada akhirnya akan terjadi pada Anda dan Anda akan menjadi orang yang sukses mengatasi persoalan finansial. Saya yakin Anda bisa melakukan dengan sebaik-baiknya.

Disarikan pada buku: Intisari-intisari Inpirasional Kecerdasan Finansial, Penulis: Amin Ra’uf, Hal: 29-33.

Pengelolaan Dana

About the author

Sebutannya dipanggil Endra, saat ini Endra mengelola beberapa web di yayasan penabulu.
No Responses to “Menjaga Kualitas Waktu”

Leave a Reply