Mengembangkan Sebuah Rencana Pengelolaan: Tujuan, Sasaran, Kegiatan

Oct 21, 2015 No Comments by

Kini Anda telah menciptakan Model Konseptual Awal bagi proyek Anda, dan kini diharapkan Anda dan tim telah memiliki pemahaman tentang faktor yang mempengaruhi kondisi target dengan baik. Anda juga sudah mengidentifikasi dan membuat peringkat kepentingan ancaman-ancaman terhadap akondisi target Anda. Tantangan Anda saat ini adalah merancang suatu Rencana pengelolaan untuk dapat menangani ancaman-ancaman ini. Tahapan yang termasuk dalam Rencana Pengelolaan yang lengkap adalah mengemukakan tujuan (goals), sasaran (obejctive), dan kegiatan bagi proyek Anda.

Dengan menggunakan informasi yang dipaparkan dalam bab ini, Anda seharusnya dapat merancang sebuah Rencana pengelolaan yang mencakup langkah-langkah berikut:

  • Mengembangkan sebuah tujuan untuk proyek Anda (Langkah B1)
  • Mengembangkan sasaran untuk proyek Anda (Langkah B2)
  • Mengembangkan kegiatan untuk proyek Anda (Langkah B3)

Mengembangkan sebuah Tujuan untuk Proyek Anda (Langkah B1)

Tujuan  adalah ringkasan umum tentang keadaan yang diinginkan yang sedang dituju oleh sebuah proyek. Tujuan yang baik harus memenuhi beberapa kriteria berikut:

  • Menimbulkan inspirasi dalam menerangkan keadaan yang diinginkan yang sedang dituju oleh proyek.
  • Relatif Umum. Didefinisikan secara luas untuk mengarahkan semua kegiatan proyek.
  • sederhana dan ringkas sehingga semua partisipan proyek dapat mengingatnya
  • Dapat Diukur. Didefinisikan sedemikian rupa sehingga perubahan-perubahan yang terjadi pada kondisi target yang mendasari tujuan tersebut dapat dinilai dengan akurat. 

Menulis Sebuah Konsep Tujuan dengan Menggunakan Kondisi Target Anda

Barangkali sekarang Anda telah mengetahui bahwa tujuan biasanya mudah diciptakan. Ambil kondisi target dari Model Konseptual, dan ubahlah ke dalam ungkapan aksi yang menjelaskan dampak umum yang Anda inginkan. Walaupun kadang-kadang suatu proyek dapat memiliki beberapa tujuan, biasanya lebih mudah untuk hanya memiliki satu saja. Misalnya dalam Skenario Hutan Tropis, kondisi target adalah “hutan primer di Cagar Biosfer Indah.”

Konsep Tujuan. Untuk melestarikan hutan primer di Cagar Biosfer Indah.

Disarikan dari buku: Ukuran Keberhasilan “Merancang, Mengelola, dan Memantau Proyek-Proyek Konservasi dan Pembangunan”, Penulis: Richard Margoluis dan Nick Salafsky, Hal: 65-66.

Pengelolaan Pengetahuan, Pengelolaan Proyek, Program dan Kegiatan, Rencana Strategis, Sasaran dan Pendekatan

About the author

The author didnt add any Information to his profile yet
No Responses to “Mengembangkan Sebuah Rencana Pengelolaan: Tujuan, Sasaran, Kegiatan”

Leave a Reply