Mengefisienkan Waktu

Apr 25, 2014 No Comments by

Menjaga efisiensi waktu sungguh tidak mudah tapi Anda harus bisa melakukannya. Seorang aktor terkenal, Jackie Chan, pernah mengungkapkan bahwa Anda tidak boleh terpenjara oleh rutinitas. Andalah yang harus mengatur rutinitas tersebut. Ketika Anda sendiri telah mampu mengatur rutinitas Anda dengan baik, maka tentu saja waktu Anda akan berjan seefisien mungkin. Anda akan menghadapi sebuah kenyataan hidup yang memiliki efisiensi waktu yang sangat baik.

Banyak orang yang memiliki kesibukan dan tidak bisa santai dalam hidupnya. Akibatnya, mereka tidak bisa mengerjakan semua pekerjaan dengan baik. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengatur waktu dengan baik agar bisa santai dalam bekerja. Mulai sekarang, Anda harus mencoba memperbaiki semua sistem kehidupan Anda agar Anda mampu menjadi manusia yang benar-benar berkualitas dan mampu meningkatkan finansial Anda dengan baik. Tingkat finansial seseorang bisa meningkatkan tentu saja bisa dimulai dari yang terkecil, yakni dan efisiensi waktu yang cukup baik. Jika Anda tidak bisa melakukannya dengan baik tentu saja Anda akan menjadi manusia yang sulit untuk mengembangkan finansial. Anda sendiri yang harus bisa menciptakan kehidupan finansial Anda.

Siapa yang mencintai uang, tidak akan puas dengan uang. Siapa yang mencintai kekayaan tidak akan pernah puas dengan keberhasilan. Sebuah pepatah yang sangat bijaksana menyatakan, “Kekayaan pribadi itu adalah kebijaksanaan dan pengertian.” Ketika Anda berupaya untuk selalu bijaksana terhadap waktu Anda, mengerti terhadap semua waktu Anda, maka uang dan kekayaan dengan sendirinya akan membuntuti Anda. Akan tetapi, ketika Anda mencintai uang dan kekayaan tanpa bersikap bijaksana, maka kecelakaan finansial akan terjadi.

Karena itulah, sebagai manusia yang mampu berpikir jernih, Anda harus mengatur  segala langkah tepat untuk menciptakan keberhasilan finansial secara konkret. Anda harus maju terus untuk menciptakan daya kehidupan yang lebih segar.

Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatur waktu agar lebih efisien sehingga finansial Anda bisa lebih berkembang sebagai berikut. Pertama, membuat target yang pasti. Ketika Anda telah memiliki terget yang jelas untuk segala sesuatu yang Anda lakukan saat ini, maka tentu saja Anda akan merasakan gelisah ketika pekerjaan Anda tidak selesai pada waktu yang ditentukan. Kebanyakan manusia belakangan ini memang bekerja berdasarkan target yang ditentukan, baik oleh perusahaan diri mereka sendiri. Cara membuat target yang baik itulah yang akan membuat waktu Anda lebih efektif. Nah, setelah pekerjaan yang satu selesai sesuai jadwal, barulah Anda melakukan pekerjaan lain.

Cara seperti ini bisa membuat finansial Anda semakin berkembang. Suasana kehidupan Anda pun menjadi lebih baik dan sempurna. Anda mampu melakukan semua pekerjaan Anda dengan sebaik-baiknya. Anda mampu menciptakan suasana pekerjaan Anda menjadi lebih nyaman dan lebih bermutu. Maka, orang yang ada di dekat Anda pun akan merasakan kenyamanan dalam setiap tingkah Anda. Dengan demikian, target yang Anda canangkan akan membuat Anda lebih tenang dan bahagia.

Kedua, memperhatikan hasil evaluasi waktu sebelumnya. Jika hasil evaluasi waktu sebelumnya menyebutkan bahwa ternyata Anda masih kurang serius dalam melakukan aktivitas, maka hendaklah Anda memperhatikannya sekarang. Bila Anda bisa sedikit lebih serius, Anda tentu bisa menjadikan kenyataan hidup menjadi lebih baik lagi.

Evaluasi dilakukan oleh seseorang untuk meningkatkan kualitas hidup dan pekerjaan dari sebelumnya. Jika Anda melakukan evaluasi, tapi tidak mampu mengembangkannya menjadi lebih baik lagi, tentu saja evaluasi yang Anda lakukan selama ini akan menjadi sia-sia.

Bila Anda memiliki keinginan, tentu Anda harus lebih bersemangat membangun sebuah kinerja yang lebih baik dibandingkan kemarin. Jika kemarin Anda berbuat kesalahan, misal datang terlambat, maka jangan ulangi lagi pada hari ini. Sebab, di samping mengganggu efisiensi waktu, Anda juga akan rugi karena tidak bisa mengerjakan sesuatu yang sedang Anda inginkan itu. Ketika Anda akan menjadi orang yang sukses di sisi finansial.

Ketiga, melakukan aktivitas dengan penuh keseriusan. Dalam konteks apa pun, keseriusan memang sangat dibutuhkan. Tak ada orang yang sukses secara finansial di dunia ini dengan cara ongkang – ongkang kaki saja. Rata-rata kesuksesan mereka dicapai dengan kerja keras dan penuh keseriusan. Oleh karena itu, janganlah Anda melakukan aktivitas dengan cara yang main-main, sebab cara itu hanya akan merosokkan diri Anda sendiri ke dalam sebuah lubang yang curam. Pada akhirnya, Anda sendiri yang akan menyesali semua pekerjaan Anda yang dilakukan dengan tidak serius itu.

Curahkan perhatian Anda pada berbagai macam pekerjaan sampai Anda benar-benar mengerti apa yang sesungguhnya harus Anda lakukan. Lakukan dengan baik dan jangan menunda-nunda. Ciptakan pola tersendiri yang lebih nyaman untuk Anda sehingga Anda bisa lebih kerasan dalam melakukan semua aktivitas yang ada dalam kehidupan Anda.

Kesempatan Anda hanya sekali. Kesempatan Anda tidak akan pernah datang dua kali. Karena itulah, jika Anda memang ingin menjadi manusia yang baik dan sukses, hendaklah Anda menjaga segala sesuatu yang menjadi kewajiban Anda. Termasuk menjaga kinerja keseharian Anda sehingga bermanfaat bagi proyeksi kehidupan Anda ke depan. Anda sendiri yang memiliki keputusan, apakah masa depan Anda akan dibuat lebih baik, atau akan dijadikan lebih suram. Semua itu ada di tangan Anda dan etos kerja Anda.

Disarikan pada buku: Intisari-intisari Inpirasional Kecerdasan Finansial, Penulis: Amin Ra’uf, Hal: 24-28.

Pengelolaan Dana

About the author

Sebutannya dipanggil Endra, saat ini Endra mengelola beberapa web di yayasan penabulu.
No Responses to “Mengefisienkan Waktu”

Leave a Reply