Menanyakan Pendapat Pemangku Kepentingan Lokal tentang Kesepakatan

Oct 07, 2015 No Comments by

Sambil menilai kondisi lokasi setempat, sebagai tambahan untuk penilaian ancaman, merupakan ide baik juga untuk mengevaluasi kesempatan-kesempatan yang ada dalam masyarakat di mana Anda akan bekerja. Dalam skenario-skenario kami, kesempatan merupakan kondisi atau faktor yang mendukung konservasi. Kesempatan-kesempatan ini dapat mencakup para pemimpin masyarakat atau orang-orang tua yang sangat menyadari adanya kebutuhan akan konservasi, desa tertentu yang di ikutsertakan dan tertarik, atau dana dari beberapa proyek lain yang dapat digunakan untuk membantu Anda mencapai tujuan umum dan tujuan khusus proyek.

Selain pemeringkatan matriks, ada berbagai cara lain di mana Anda dapat memperoleh data tentang kondisi lokal. Dalam bab 6, kami memberikan gambaran secara rinci beberapa metode pilihan yang khususnya cocok untuk memantau proyek konservasi dan pembangunan banyak dari metode ini juga dapat digunakan selama tahap awal penilaian lapangan. Misalnya dalam Skenario Sabana, tim proyek melaksanakan latihan pemetaan partisipatif dengan beberapa anggota masyarakat untuk melihat bagaimana macam lahan digunakan. Mereka mempelajari bahwa para anggota masyarakat telah mendengar adanya beberapa larangan hukum untuk menggembalakan sapi di taman, tetapi mereka, tidak benar-benar memahaminya.

Para anggota tim juga menghadiri sebuah pertemuan masyarakat dan dapat secara langsung mengamati bahwa kepemimpinan lokal kuat dan tampak dihormati oleh kebanyakan orang. Akhirnya, sambil berjalan di sepanjang jalan menuju taman, tim tersebut melakukan wawancara informasi dengan beberapa pemburu yang pulang dari berburu dengan membawa satwa-satwa yang telah mereka bunuh, pemburuan liar oleh orang asing dan, mereka juga memikirkan tentang pengaturan praktik perburuan lokal untuk menghindari perburuan yang terlebih atas spesies-spesies tertentu.

Disarikan dari buku: Ukuran Keberhasilan “Merancang, Mengelola, dan Memantau Proyek-Proyek Konservasi dan Pembangunan”, Penulis: Richard Margoluis dan Nick Salafsky, Hal: 55-56.

Pengelolaan, Pengelolaan Data

About the author

The author didnt add any Information to his profile yet
No Responses to “Menanyakan Pendapat Pemangku Kepentingan Lokal tentang Kesepakatan”

Leave a Reply