Kreativitas Menggalang Dana

Jan 04, 2012 No Comments by

Dikutip dari Paket Informasi “Yayasan Komunitas” yang diterbitkan oleh Yayasan Kemala.

Perorangan / Keluarga / Komunitas

1. Bazar Teras

Galanglah teman atau siapa saja untuk memberikan barang-barang mereka yang masih bisa dijual. Atau membuat sesuatu, misalnya kue. Lalu adakan “Bazar Teras” yang menjadi arena bagi teman-teman anda untuk menjual barang-barang tersebut.

2. Toko Souvenir Eksklusif

Hubungilah teman atau orang-orang yang senang membuat sesuatu yang unik, misalnya mahasiswa atau pekerja desain produk. Mintalah mereka membuat satu atau dua barang, dan menyerahkannya kepada anda untuk menjual. Kemaslah barang tersebut sehingga menjadi unik. Jumlahnya yang terbatas dapat menambah kesan eksklusif pada barang itu.

3. Tabungan sosial di meja kerja

Siapkan kotak kecil di meja anda. Masukkan uang-kembalian anda di dalamnya. Anda bisa membuatnya banyak, dan membagikan kepada rekan-rekan anda, atau di kantor-kantor.

4. Pesta kebun

Buatlah pesta kebun bertema, misalnya ilegal loging, pemanasan bumi, atau tema lain yang lebih ringan. Intinya kegiatan ini memberikan suatu kesempatan kepada rekan anda, dan rekan mereka, untuk berkumpul dalam suasana yang menyenangkan dan bermakna. Selain pesta kebun, anda juga bisa menyelenggarakan makan malam, nonton bareng, atau kemah bersama.

5. Ulang tahun

Sebenarnya cukup banyak orang yang ingin menyelenggarakan ulang tahun mereka menjadi menarik dan bermakna. Anda bisa menawarkan ulang tahun menjadi kesempatan untuk memperlihatkan peran mereka bagi orang lain. Acara ulang tahun ini tidak harus anda selenggarakan khusus untuk satu orang, tetapi bisa berlaku untuk mereka yang lahir pada bulan yang sama. Jadi, dalam satu tahun anda bisa menyelenggarakan 12 kali kegiatan menggalang dana dari mereka yang berulang tahun.

6. Multi level fundraising

Anda juga bisa menerapkan konsep multi level marketing untuk menggalang dana. Tentu saja anda perlu menyiapkan rancangan yang matang terlebih dahulu dan manajemen yang baik.

7. Malam musik / karaoke

Musik selalu memiliki magnet kuat untuk menggugah dan mengumpulkan orang. Ajaklah beberapa kelompok musik, jika tidak bisa mengundang kelompok yang telah ngetop anda bisa mengajak kelompok jalanan

8. Libatkan orang-orang berbakat

Akan sangat menarik jika anda bisa mengajak orang-orang yang memiliki keterampilan seni untuk mengisi acara anda.

9. Acara anak-anak

Para orang tua sangat membutuhkan acara atau kegiatan bagi anak-anak mereka untuk bermain dan belajar. Juga mempererat hubungan mereka. Keberhasilan anda memberikan kegiatan yang baik bagi anak-anak akan memberikan kesan tulus bagi organisasi.

Publik

1. Kotak sumbangan

Ini merupakan yang paling umum dilakukan dalam menggalang uang dari masyarakat. Jika anda masih berkeras ingin melakukannya buatlah jauh lebih kreatif. Rancang dan buatlah kotak amal yang kreatif sehingga tidak mengganggu pemandangan sekaligus menarik perhatian orang banyak. Anda bisa menempatkan kotak-kotak amal di berbagai lokasi atau gedung yang dikunjungi oleh banyak orang. Menyisipkan kegiatan seni atau lainnya dalam cara ini akan menambah kuat daya tarik program penggalangan anda lewat cara ini.

2. Buatlah komputer screen saver atau cliparts.

Mintalah rekan anda yang mahir melakukan desain visual berbasis komputer untuk membuat screen saver atau cliparts. Screen saver dapat anda gunakan sebagai media publikasi program-program anda, sementara itu tidak ada salahnya anda menjual paket clipart.

3. Menyediakan antar – jemput untuk jangka waktu tertentu

Selalu ada sekelompok orang yang membutuhkan layanan antar jemput, yang bisa anda targetkan sebagai sasaran penggalangan dana. Caranya, sediakan layanan antar jemput buat kebutuhan mereka. Untuk mobil dan supir, anda bisa meminta bantuan rekan-rekan anda atau membuat program relawan. Anda bisa memberikan penggantian bensin, namun cukup banyak yang rela bensin mereka digunakan untuk layanan sosial seperti ini.

4. Menyediakan layanan jasa lainnya

Layanan jasa lainnya yang bisa anda coba adalah pencucian mobil, penjaga bayi, membereskan kebun, kursus, dan layanan jasa lainnya. Intinya sederhana, identifikasi tenaga ahli atau terampil yang ada di sekitar anda dan rangkullah mereka.

Event

1. Event massal

Orang banyak selalu menantikan event-event massal yang bisa mereka ikuti atau kunjungi, misalnya olah raga, musik, atau outbound. Jumlah peserta dan pengunjung yang diperkirakan cukup besar membuat anda bisa meminta para lembaga sebagai penyandang dana.

2. Jual buku

Mintalah kepada teman, penerbit, atau para penulis untuk ikut serta dalam acara penjualan buku yang anda selenggarakan. Seluruh hasil penjualan akan disumbangkan bagi kegiatan yayasan anda. Bujuklah para penulis untuk mau menandatangani buku karya mereka yang akan dijual pada acara jual buku yang anda selenggarakan. Anda juga bisa merancang penjualan khusus buku-buku tua atau yang sudah bersifat eksklusif.

3. Tour sepeda

Sepeda selalu memiliki nilai unik. Anda bisa membuat acara tour bagi para penggemar sepeda yang akan mengumpulkan sumbangan dari orang-orang yang mereka jumpai selama tour. Rute tour tidak harus ke luar kota, di dalam kota pun bisa menarik hati para penggemar sepeda itu. Jangan lupa untuk merancang kegiatan menarik yang akan disisipkan pada saat mereka berhenti di tempat-tempat yang telah ditentukan.

Kelompok professional

1. Progam donasi buat kelompok professional

Kaitkan program-program layanan masyarakat yang anda lakukan dengan berbagai jenis pekerjaan yang anda. Rancanglah dengan hati-hati, setelah mantap buatlah pendekatan dengan beberapa orang kunci di suatu kelompok profesional, atau mendekati organisasi asosiasi yang menaungi mereka.

2. Mintalah sumbangan dari pengelola perumahan

Banyak perumahan di perkotaan yang dikelola oleh badan usaha. Cobalah sesekali kunjungi mereka dan meminta mereka untuk menyumbang. Anda bisa menambahkan daya pikat dengan menawarkan beberapa model kegiatan yang bisa anda selenggarakan. Kegiatan ini bisa menjadi media juga bagi anda untuk menggalang dana dari para penghuni.

Rumah makan / bar / café

1. Sumbangan tips

Hubungilah sebanyak mungkin rumah makan, bar, dan kafe di kota anda. Mintalah kesediaan para karyawan untuk menyumbangkan tips yang mereka selama waktu tertentu misalnya satu hari, tiga hari, atau satu minggu.

2. Kotak sumbangan

Buatlah kotak sumbangan yang menarik, lalu taruhlah di berbagai rumah makan, bar, atau kafe.

3. Malam dana

Buatlah malam dana bagi kegiatan yayasan anda. Mintalah kepada pemilik rumah makan, atau kafe untuk memberikan tempat dan makan gratis bagi para undangan malam dana anda.

Bioskop / teater / pusat hiburan

1. Sumbangan hasil penjualan tiket

Ajaklah pengelola bioskop, teater, atau pusat hiburan lainnya untuk menyalurkan sumbangan melalui anda. Anda bisa menawarkan banyak model: menyumbangkan hasil penjualan tiket selama satu hari atau dalam jangka waktu tertentu. Mintalah mereka untuk memasang spanduk atau pengumuman lainnya tentang kerjasama ini sebelum hari-H.

2. Memberikan tiket dan anda jual dengan potongan harga.

Mintalah kepada bioskop / teater / atau pusat hiburan untuk memberikan anda tiket gratis yang boleh anda jual dengan potongan harga, atau sebagai hadiah dalam kegiatan penggalangan dana yang lain.

3. Sumbangan tips

Seperti yang anda minta pada karyawan rumah makan atau kafe, anda juga bisa membuat program menggalang dana dari karyawan yang bekerja di pusat-pusat hiburan untuk menyumbangkan tips yang mereka peroleh selama satu hari misalnya.

Perusahaan

1. Sponsorship

Ini merupakan cara penggalangan dana yang umum, namun masih sangat efektif. Setiap perusahaan memiliki dana promosi yang bisa anda raih. Rancangan kegiatan, proposal, dan pendekatan sangat menentukan keberhasilan anda memperoleh sponsorship.

2. Pesta karyawan

Buatlah acara-acara kecil selama setengah atau satu hari untuk karyawan lembaga tertentu. Kegiatan bisa dilaksanakan di kantor pada waktu makan siang, di rumah, atau di tempat lainnya.

3. Liburan bersama

Anda bisa merancang kegiatan untuk mengisi hari libur atau akhir minggu bagi karyawan di satu lembaga. Banyak orang yang tidak bisa merancang kegiatan yang menarik untuk liburan bersama, jadi mereka menunggu kreatifitas anda.

4. Game penggalangan dana

(Buat permainan di lembaga. Bisa juga yang menang mendapat hadiah, misalnya tiket nonton) Buatlah acara permainan di satu lembaga dan anda bisa menyediakan hadiah-hadiah kecil bagi para pemenang. Hadiah juga bisa anda upayakan gratis atau cukup murah, misalnya tiket menonton film atau teater, bisa juga buku atau lukisan yang ditandatangani oleh pembuatnya. Sebaiknya anda menyiapkan tiket sumbangan, sehingga seusai acara karyawan bisa menyumbang sebesar tiket yang mereka pilih.

5. Kado Sosial

Tawarkan kepada para karyawan di satu atau beberapa lembaga untuk membuat kado social untuk isu atau kasus tertentu.

Media massa (koran, radio, dan televisi)

1. Meminta sumbangan “ruang” siar

Ingatlah anda membutuhkan banyak publikasi sehingga cukup banyak orang yang mengetahui program anda, sumbangan apa yang bisa mereka berikan, dan cara menyumbang. Datalah semua layanan informasi massa yang ada di kota anda. Buatlah agenda untuk mendekati mereka agar mau memberikan sedikit ruang bagi yayasan anda menyampaikan informasi kepada publik. Melakukan pekerjaan ini secara rutin akan sangat membantu anda menggalang dana masyarakat.

2. Acara donasi bersama

Menawarkan acara donasi bersama seringkali berhasil menarik hati para pengelola media massa. Anda bisa membebankan biaya penyelenggaraan kepada mereka. Keberhasilan acara ini juga akan memperkuat dukungan mereka untuk mau secara rutin menampilkan informasi kegiatan yayasan anda.

3. Anda juga bisa memuat di terbitan-terbitan internal kelompok (seperti keagamaan, profesi, kampus, dll)

Terbitan internal kelompok masih belum banyak dilirik oleh banyak organisasi untuk menggalang dana. Padahal jumlahnya begitu banyak dan biasanya jauh lebih mudah meminta ‘ruang iklan sumbangan” kepada mereka dibandingkan bisnis media massa. Cakupan mereka memang terbatas, tetapi jika anda bisa memuat cukup rutin di beberapa terbitan internal, cukup banyak orang yang mengetahui apa yang anda minta.

Website / handphone

1. SMS sumbangan

Saat ini penggunaan telepon genggam sudah “merakyat”. Bisnis-bisnis berbasis SMS terbukti cukup banyak yang berhasil. Maka, SMS bisa juga kita gunakan untuk menggalang sumbangan.

2. Website penggalangan dana

Anda bisa membuat website atau fasilitas lain berbasis internet untuk menceritakan kegiatan anda dan bantuan yang anda harapkan dari pengunjung situs anda.

Bentuk Penggalangan, Mobilisasi Sumberdaya, Tatacara Pembentukan

About the author

lingkarLSM hadir untuk menemani pertumbuhan. Kami mengidamkan masyarakat sipil yang jujur dan punya harga diri. Kami membayangkan ribuan organisasi baru akan tumbuh dalam tahun-tahun perubahan ke depan. Inilah mimpi, tujuan dan pilihan peran kami. Paling tidak, kami sudah memberanikan diri memulai sebuah inisiatif; dan berharap langkah kecil ini akan mendorong perubahan besar.
No Responses to “Kreativitas Menggalang Dana”

Leave a Reply