FGD Penggalian Informasi Tata Kelola Organisasi Pusat Layanan Juru Bahasa Isyarat (PLJ), Jakarta, 25 Juli 2016

Jul 26, 2016 No Comments by

Merupakan sebuah pengalaman berharga dan mungkin langka bekerjasama serta memfasilitasi peserta yang tidak bisa mendengar atau tuli. Hari ini tim Penabulu akan memfasilitasi sebuah lembaga yang bernama Pusat Layanan Juru Bahasa Isyarat (PLJ) dalam menggali informasi tata kelola lembaga tersebut.

Sesuai dengan namanya, PLJ merupakan sebuah lembaga yang bergerak dalam penyediaan Juru Bahasa Isyarat (JBI), atau penerjemah untuk komunitas tuli. PLJ sendiri merupakan bentukan dari Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (GERKATIN), sebuah organisasi yang mewadahai komunitas tuli di Indonesia.

Pertemuan ini merupakan bagian dari proses kegiatan untuk membuat sebuah road map PLJ agar dapat mencapai tujuan strategisnya, dengan didampingi satu orang juru bahasa isyarat sebagai penjembatan komunikasi antara fasilitator dengan peserta.

Pertemuan diawali dengan perkenalan antara peserta, fasilitator dan panitia, hal yang menarik dalam sesi ini, setiap orang yang belum mempunyai nama isyarat akan diberikan nama isyaratnya dan penamaan bahasa isyarat ini merupakan hasil kesepakatan dari pemberi nama dan yang akan menerima nama.

Setelah proses kenalan, dilanjutkan dengan paparan singkat terkait dengan tujuan pertemuan ini, setelah itu masuk kepada analisis internal lembaga, diawali dengan visi, misi dan tujuan organisasi, analisis SWOT dan diakhiri dengan pemetaan gambaran situasi keadaan lembaga saat ini.

Sebelum sesi diakhiri, peserta diminta untuk mengisi sebuah bagan yang telah disediakan, untuk menjadi bahan proses belajar pada pertemuan selanjutnya, tindak lanjut pertemuan selanjutnya adalah membuat sebuah design peta jalan lembaga yang rencananya akan dilaksanakan akhir agustus 2016.

Kabar, Liputan

About the author

Butuh waktu yang cukup bagi saya untuk memahami,bahwa, saat organisasi berhasil menyatakan visi dan mandat yang diemban, saat itu pula visi hidup saya menjadi kenyataan. Hal ini juga yang membuat saya betah bergelut di sektor nirlaba, ranah yang bisa jadi tak lazim untuk kebanyakan orang. Sektor ini mengajarkan saya dengan sungguh, apa makna berbagi, saling memberi dan menerima. Satu putaran siklus yang boleh jadi tak pernah putus dalam hidup.

No Responses to “FGD Penggalian Informasi Tata Kelola Organisasi Pusat Layanan Juru Bahasa Isyarat (PLJ), Jakarta, 25 Juli 2016”

Leave a Reply