Fasilitasi Perencanaan Strategis Graha Mitra 2014-2016, Yogyakarta, 15-17 Mei 2014

May 20, 2014 No Comments by

Hawa sejuk pagi di Bukit Pathuk, Yogyakarta menemani kami fasilitasi penyusunan rencana stategis untuk salah satu lembaga dampingan SUM2, Graha Mitra Semarang periode 2014-2019. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dimulai dari tanggal 15 sampai 17 Mei 2014 yang memiliki beberapa tujuan penting demi keberlanjutan Lembaga Graha Mitra.

Eko Kurniawan Komara selaku fasilitator membuka sesi hari pertama dengan perkenalan dan mengali potensi dari teman-teman Graha Mitra.
Peserta yang hadir yaitu:

  1. Nurcahyono Ednoputranto, (GRAMIT)
  2. Dian Sulistianto, (GRAMIT)
  3. Heri Setiawan, (GRAMIT)
  4. Endang Sriani, (GRAMIT)
  5. Annik Kusumawati, (GRAMIT)

DSCN4888“Titik balik” kata itu yang dituliskan pertama kali dalam lembaran kertas plano, di isi dengan menengok sejarah Graha Mitra bermula dari kegiatan Pramuka, Dinas Kesehatan, sampai Project Based Vs Berani Lapar dilanjutkan dengan analisa situasi dan meraba masa depan Lembaga Graha Mitra.

Lepas rehat siang, Eko melanjutkan dengan memandu teman-teman untuk berdiskusi untuk pembuatan visi dan misi lembaga. Diskusi berjalan dengan interaktif dan dilanjutkan di hari kedua.

Hari kedua, diawali dengan berdiskusi tentang penentuan posisi & peran, “Memanusiakan Manusia” adalah nilai yang dimasukkan oleh Graha Mitra. Dilanjutkan diskusi fokus area Graha Mitra di Jawa Tengah dan sekitarnya dan penerimaan manfaatnya adalah kelompok-kelompok KLMTD (komunitas, lemah, miskin, terpinggir, difable). Sasaran Intervensi yang dibuat meliputi kelembagaan, kapasitas, kebijakan publik, dan keberlanjutan. Diskusi berlanjut sampai pukul 17.00 WIB hingga tercetuslah tagline Graha Mitra yaitu: “Belajar, Tumbuh dan Bergerak Bersama untuk Perubahan”

Hari ketiga, membahas tujuan strategis Lembaga Graha Mitra, serta beberapa program-progam strategis lembaga. Banyak tugas yang harus dilakukan Graha Mitra selepas proses perancangan rencana strategis ini untuk menuju keberlanjutan lembaga. Diakhir acara, secara simbolis tim dari unit Learn! Menyerahkan pohon kemuning.

Kabar, Liputan

About the author

lingkarLSM hadir untuk menemani pertumbuhan. Kami mengidamkan masyarakat sipil yang jujur dan punya harga diri. Kami membayangkan ribuan organisasi baru akan tumbuh dalam tahun-tahun perubahan ke depan. Inilah mimpi, tujuan dan pilihan peran kami. Paling tidak, kami sudah memberanikan diri memulai sebuah inisiatif; dan berharap langkah kecil ini akan mendorong perubahan besar.
No Responses to “Fasilitasi Perencanaan Strategis Graha Mitra 2014-2016, Yogyakarta, 15-17 Mei 2014”

Leave a Reply