Empat Skenario Proyek Ukuran Keberhasilan (4/4)

Mei 18, 2015 No Comments by

Skenario Lahan Basah

Andaikan Anda adalah manajer sebuah cabang kelompok advokasi konservasi yang para anggotanya tinggal di dekat daerah aliran sungai (DAS) Everson.

Lahan basah di DAS ini berperan penting sebagai habitat bagi burung-burung migran dan sejumlah spesies ikan dan binatang buruan. Spesies-spesies ini sangat mendukung pemanfaatan area ini sebagai tempat rekreasi, yakni sebagai tempat pengamatan burung, berperahu, memancing dan berburu. Lahan basah ini juga merupakan sbagian dari sumber air bagi wilayah-wilayah perkotaan utama di DAS tersebut.

Lahan basah ini terancam oleh adanya pertumbuhan pembangunan dan urbanisasi, termasuk pembuatan jalan dan pengerukan. Lahan basah ini juga dipengaruhi oleh polusi air (khususnya oleh bahan-bahan kimia pertanian) dan invasi flora dan fauna eksotik. Anda berencana untuk bekerja dengan pemilik lahan dan pemerintah untuk mendapatkan hak konservasi atas lahan yang terdiri dari lahan basah yang kritis dan habitat di daerah hulu.

6a

Organisasi Anda juga berharap dapat memberi penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya habitat di daerah hulu untuk memelihara kelangsungan lahan basah tersebut. Anda juga berharap dapat membuat suatu rencana pengelolaan untuk membantu mengendalikan dampak yang ditimbulkan oleh spesies asing.

Disarikan dari buku: Ukuran Keberhasilan “Merancang, Mengelola, dan Memantau Proyek-Proyek Konservasi dan Pembangunan”, Penulis:Richard Margoluis dan Nick Salafsky, Hal: 6-7.

Pengelolaan Proyek, Penilaian Kinerja

About the author

The author didnt add any Information to his profile yet
No Responses to “Empat Skenario Proyek Ukuran Keberhasilan (4/4)”

Leave a Reply