Empat Skenario Proyek Ukuran Keberhasilan (3/4)

May 15, 2015 No Comments by

Skenario Pesisir

Andaikan Anda adalah anak seorang pemimpin tradisional di desa pesisir yang berpendidikan formal dan telah dipilih oleh masyarakat untuk membantu menemukan cara terbaik dalam mempertahankan sumber-sumber penghasilan mereka bagi generasi mendatang.

Desa Anda terletak di muara sungai yang mengalir dari hutan di dataran tinggi ke hutan bakau di Teluk Bocoro. Penduduk desa mendapatkan sebagian besar makanan mereka dari mencari ikan dan kerang-kerangan di sungai dan terumbu karang di sekitar teluk tersebut. Mereka memasak makanan dan membangun rumah dengan menggunakan kayu dari hutan bakau yang tumbuh di sekitar pantai. Selama beberapa tahun belakangan ini, Anda dan warga desa lainnya menyadari bahwa penduduk desa-desa tetangga semakin banyak yang datang ke tempat pencarian ikan tradisional desa Anda. Selain itu, kapal-kapal nelayan besar dari luar negeri telah mulai beroperasi di area yang sama.

Para tetua masyarakat juga memperhatikan bahwa nelayan lokal harus pergi lebih jauh dari desa demi mendapatkan jumlah ikan yang cukup untuk dikonsumsi sendiri dan dijual, dan ikan yang mereka tangkap tinggal ikan-ikan yang semakin kecil.

5a

Selain itu, lumpur dan polusi yang masuk ke sungai telah merusak banyak terumbu karang. Juga kini semakin sulit mendapatkan udang di daerah pantai dekat sungai-sungai kecil di mana pohon bakau telah banyak ditebang. Para tetua sekarang mengusulkan untuk meningkatkan sistem pengelolaan sumber daya tradisional untuk konservasi sumber daya flora dan fauna di teluk tersebut demi kepentingan generasi-generasi masa depan.

Disarikan dari buku: Ukuran Keberhasilan “Merancang, Mengelola, dan Memantau Proyek-Proyek Konservasi dan Pembangunan”, Penulis:Richard Margoluis dan Nick Salafsky, Hal: 5-6.

Pengelolaan Proyek, Penilaian Kinerja

About the author

The author didnt add any Information to his profile yet
No Responses to “Empat Skenario Proyek Ukuran Keberhasilan (3/4)”

Leave a Reply