Empat Skenario Proyek Ukuran Keberhasilan (2/4)

May 13, 2015 No Comments by

Skenario Sabana

Andaikan Anda adalah seoarang ahli satwaliar yang bekerja di Departemen Kehutanan yang bertugas untuk mengkoordinasikan sebuah proyek untuk merancang dan menjalankan suatu rencana konservasi bagi Taman Nasional Karimara. Taman Nasional dengan luas 750.000 hektar tersebut terdiri dari sabana dan padang rumput di suatu daerah subtropis yang agak gersang, dengan tambahan 500.000 hektar tanah berupa suaka margasatwa di sekitar taman nasional.

Di luar suaka margasatwa terdapat sejumlah perkampungan yang dihuni oleh pengembala ternak yang hidup setengah mengembara. Mereka menggembalakan ternak di dalam suaka margasatwa dan kandang-kandang di taman nasional. Penduduk perkampungan tersebut bergantung kepada ternak mereka, berburu secara terbatas dan mengumpulkan satwaliar serta hasil hutan lain untuk sekedar menyambung hidup.

4a

Ancaman-ancaman utama terhadap taman nasional adalah menggembalaan ternak, perburuan yang berlebihan, perburuan liar terhadap jenis-jenis mamalia besar, dan dampak industri pariwisata asing yang meningkat dengan cepat dan tidak dikendalikan dengan peraturan. Departemen Kehutanan mempertimbangkan untuk mengambil langkah-langkah guna melindungi taman nasional dari ancaman-ancaman ini.

Disarikan dari buku: Ukuran Keberhasilan “Merancang, Mengelola, dan Memantau Proyek-Proyek Konservasi dan Pembangunan”, Penulis:Richard Margoluis dan Nick Salafsky, Hal: 4-5.

Pengelolaan Proyek, Penilaian Kinerja

About the author

The author didnt add any Information to his profile yet
No Responses to “Empat Skenario Proyek Ukuran Keberhasilan (2/4)”

Leave a Reply