Asumsi Proyek Umum dalam Konservasi dan Pembangunan

Nov 27, 2015 No Comments by

Asumsi Proyek yang Umum dalam Proyek-proyek Konservasi dan Pembangunan

Walaupun Anda seharusnya tidak ragu-ragu untuk melaksanakan Rencana Pengelolaan, seharusnya Anda juga tidak pernah melupakan asumsi proyek yang ada di dalamnya. Dengan secara formal menyatakan dan menguji asumsi Anda, Anda akan dengan lebih baik dapat mengukur dampak kegiatan proyek Anda dan menyesuaikannya untuk menjamin bahwa kegiatan-kegiatan tersebut mempunyai dampak yang diinginkan. Supaya Anda dapat memulai proses menyatakan dan menguji asumsi, kami menampilkan beberapa asumsi yang paling lazim dalam proyek-proyek konservasi dan pembangunan, yakni:

  • Adaptasi dan pembelajaran organisasi yang sistematik melalui perancangan, pengelolaan dan pemantauan proyek secara hati-hati akan menghantar kepada keberhasilan konservasi.
  • Penciptaan pendapatan dari usaha komersial skala kecil berbasis sumber daya alam akan menghantar kepada keberhasilan konservasi.
  • Pendidikan lingkungan akan mempengaruhi masyarakat untuk bertindak melestarikan sumber daya alam.
  • Pengendalian dan pemilikan sumber daya alam oleh para pemangku kepentingan lokal akan meningkatkan peluang keberhasilan konservasi.
  • Pengaturan dan penegakan peraturan konservasi secara ketat akan meningkatkan konservasi.
  • Intensifikasi pertanian melalui praktik-praktik pertanian yang berkelanjutan akan menghantar pada konservasi keanekaragaman hayati.
  • Pelatihan personil proyek konservasi akan menghantar kepada konservasi yang lebih baik.

Asumsi-asumsi ini ditarik dari proyek-proyek yang diilustrasikan dalam empat skenario yang dikemukakan dalam panduan ini. Namun demikian, daftar di atas sama sekali bukanlah merupakan daftar yang lengkap dari semua asumsi yang mungkin terjadi. Terhadap tiap-tiap asumsi, kami mengilustrasikan tentang bagaimana asumsi tersebut dapat diwakili dalam Model Konseptual, menjelaskan tentang rantai sebab akibat dalam peristilahan yang umum, menunjukkan sebuah contoh dari skenario-skenario kita, dan menguji pertanyaan-pertanyaan tertentu yang mungkin mengemuka karena adanya asumsi-asumsi yang perlu dipertimbangkan.

Disarikan dari buku: Ukuran Keberhasilan “Merancang, Mengelola, dan Memantau Proyek-Proyek Konservasi dan Pembangunan”, Penulis: Richard Margoluis dan Nick Salafsky, Hal: 120-121.

Pengelolaan Proyek, Rencana Strategis

About the author

The author didnt add any Information to his profile yet
No Responses to “Asumsi Proyek Umum dalam Konservasi dan Pembangunan”

Leave a Reply